Tau-Tau, Tradisi Pembuatan Patung Orang Meninggal di Tana Toraja

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 28 Juni 2017
Tau-Tau, Tradisi Pembuatan Patung Orang Meninggal di Tana Toraja
Patung Tau-Tau dibuat sebagai perwujudan orang Toraja yang telah meninggal. (Foto: iffocus.wordpress)

Tana Toraja di Sulawesi Selatan menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki pemandangan dan bangunan yang eksotis, Tana Toraja juga memiliki beberapa tradisi unik.

Salah satu tradisi yang ada di sana ialah Tau-Tau. Tradisi ini merupakan rangkaian upacara pemakaman "Rambu Solo". Tau-Tau dijalankan dengan melakukan prosesi pembuatan patung kayu yang dipahat. Patung tersebut merupakan perwujudan orang yang telah meninggal.

Jadi tidak heran bila patungnya pun berbentuk seperti orang yang baru saja meninggal dan akan dimakamkan dengan upcara "Rambu Solo". Pembuatan patung membutuhkan waktu cukup lama karena harus melalui beberapa ritual sebelum akhirnya diletakkan di makam orang yang meninggal.

Patung Tau-Tau di atas tanah pemakaman. (Foto: art-culture-tourism)

Namun, pembuatan Tau-Tau tidak bisa dilakukan oleh banyak masyarakat Toraja pada ritual pemakaman Rambu Solo. Dana yang begitu besar perlu dikeluarkan karena membutuhkan tenaga yang banyak dan proses panjang. Dahulu hanya kaum bangsawan yang bisa menjalani tradisi Tau-Tau ini.

Saat ini proses pembuatan Tau-Tau sudah semakin mudah.Dahulu alat membuat Tau-Tau ialah alat pahat yang berasal dari tanduk kerbau. Namun, sekarang pembuatan tau-tau menggunakan alat pahat dari besi.

Jika dulu raut muka hanya abstrak, sekarang ini patung Tau-Tau sudah menggambarkan raut wajah yang lebih detail.

Kebudayaan baru sudah memasuki tanah Toraja saat ini. Hal ini menyebabkan beberapa proses ritual dari pembuatan Tau-Tau sudah mulai menghilang, seraya mengatakan tradisi ini sedikit demi sedikit sudah mulai terlupakan.

Masyarakat Toraja memandang hal ini sebagai kemudahan untuk membuat Tau-Tau. Jika ada proses yang sulit mereka akan menghilangkannya. Seperti misalnya menyembelih satu ekor babi setelah membuat anggota tubuh dari patung Tau-Tau, hal tersebut sudah tidak dijumpai lagi.

Anda sudah pernah berkunjung ke Tana Toraja? Bila belum, coba masukkan Tana Toraja ke dalam agenda liburan Anda.

Baca juga artikel Upacara Pemakaman Rambu Solo Dari Tana Toraja.

#Tradisi Tau-tau #Tradisi Unik #Tana Toraja
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan