Tradisi Bakar Batu, Pesta ala Suku Dani

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Rabu, 19 Agustus 2015
Tradisi Bakar Batu, Pesta ala Suku Dani
Sejumlah orang Suku Dani saat melakukan bakar batu di Distrik Asologaima, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Selasa (18/8). (ANTARA FOTO/Lucky R)

MerahPutih Budaya - Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya. Salah satu adalah Suku Dani di Papua yang mempunyai tradisi unik yakni bakar batu.

Bakar Batu adalah pesta ala Suku Dani dengan memasak makanan pada perayaan atau pesta seperti menyambut kelahiran, pernikahan, tanda bersyukur, upacara kematian, hingga pesta setelah perang usai.

Bagi Suku Dani, tradisi bakar batu ini tidak bisa dilepaskan dari kehidupan mereka. Karena bakar batu merupakan tradisi atau adat yang sudah turun temurun dilakukan dan sekaligus menjaga akidah.

Asalnya, daging yang dimasak dalam tradisi bakar batu ini adalah daging babi. Tapi karena sebagian anak-anak suku sudah memeluk agama Islam, daging terseut digantikan dengan daging ayam.

Seperti tradisi suku lainnya di Indonesia, tradisi bakar batu dilakukan secara gotong royong. Para lelaki bertugas menyiapkan kayu bakar dan perempuan terlibat dari awal hingga akhir proses tradisi ini.

Selain tradisi bakar baatu, masyarakat Dani juga memiliki banyak upacara ritual seperti Tarian Perang dan juga ritual ekstrem seperti ritual potong jari.

 

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dekat Suku Dani dari Papua

Semarak Perayaan Kedatangan Cheng Ho ke-610 di Semarang

Komunitas Keyboardist Deklarasi Satu Laut Indonesian di Hari HUT RI

Fadhil Indra: Indonesia Belum Bisa Fokus Menata Negara

#Papua
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan