TPS Pasar Blok G Tanah Abang Tampung 832 Pedagang

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 26 Januari 2018
TPS Pasar Blok G Tanah Abang Tampung 832 Pedagang
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang diperuntukkan bagi pedagang Pasar Blok G, Tanah Abang memiliki konsep bangunan tiga lantai bisa menampung sekira 832 pedagang.

"Tiga lantai, total anggaran sekitar Rp 20 miliar dan bisa menampung 832 pedagang, luasannya sekitar 5 ribu square meters," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (25/1) malam.

Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan, nantinya TPS bagi pedagang Pasar Blok G akan dibangun sebuah bangunan yang semi permanen.

"Jadi, sama seperti yang di Pasar Rumput, ini (gedung sementara pedagang Blok G) semipermanen. Jadi, yang di Pasar Rumput itu dibangun semipermanen bisa dipakai 2-3 tahun. Ini 3 bulan jadi, pakai baja ringan, terus ditempel-tempel pakai gipsum," jelasnya.

Sementara itu, Sandiaga mengaku telah memberi tenggat waktu dua minggu kepada PD. Pasar Jaya untuk mendesain tempat tersebut.

Pria penggiat olahraga lari ini menuturkan, Pemprov DKI tak akan merelokasi para pedagang yang ada di Blok G sebelum TPS itu berdiri. Sehingga, pemindahan itu akan dilaksanakan ketika pembangunan selesai.

"Oh, nggak. Dibikin dulu (gedungnya). Setelah siap, mereka baru dipindahin," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama (Dirut) PD. Pasar Jaya Arief Nasrudin mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah mendapatkan lahan untuk merelokasikan sementara para pedagang Blok G, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Lanjut Arif, Pemprov DKI memilih lahan milik Robby Sumampow yang luas tanahnya 2.000 meter persegi untuk menempatkan para pedagang tersebut. Nantinya sistem di sana adalah sewa, sehingga Pemprov DKI tak membeli lahan itu.

"Iya (sudah ditentukan). (Pedagang Blok G akan direlokasi ke lahan) punya PT Astana, pemiliknya pak Robby Sumampow," ujar Arief saat dihubungi, Kamis (25/1). (Asp)

#Wakil Gubernur DKI Jakarta #Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan