Pilpres AS

TPS Ditutup, Biden Unggul Sementara dari Trump

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 04 November 2020
TPS Ditutup, Biden Unggul Sementara dari Trump
Hasil Pilpres AS pukul 09.00 WIB. (Foto:VOA Indonesia).

MerahPutih.com - Pemungutan suara Pilpres Amerika Serikat, secara resmi tutup sekitar pukul 09.00 WIB. Namun, hasil pemilu Amerika Serikat mulai terlihat. Dari pantauan VOA Indonesia, pada pukul 09.00 WIB, Joe Biden unggul satu suara dari Donald Trump.

Hasil Electoral College atau suara elektoral sementara ini, Biden meraih 27 suara yang disumbang dari negara bagian Vermont, Massachusetts, Delaware, Maryland. Sedangkan Trump meraih 26 suara yang disumbang dari Indiana, Kentucky dan Oklahoma.

Pilpres Amerika ini berbeda dengan negara lain, memenangkan sebanyak mungkin suara dari setiap negara bagian bukan strategi yang biasa dilakukan di AS.

Baca Juga:

Begini Respon 'Musuh' AS Soal Pertarungan Biden dan Trump

Di negara yang mengklaim negara demokrasi terbesar ini, sangat mungkin kandidat menjadi yang paling populer secara nasional di kalangan pemilih, namun gagal mendapatkan 270 suara dari anggota electoral college.

Paling tidak, dua dari lima pilpres AS terakhir dimenangkan oleh kandidat yang tidak mendapat suara terbanyak dari masyarakat. Pada pilpres 2016, Donald Trump berselisih tiga juta suara di bawah pesaingnya, Hillary Clinton. Namun Trump mendapatkan suara terbanyak di electoral college.

Untuk meraih kursi presien paling tidak Capres AS harus meraih 270 suara elektoral dari 538 suara elektoral dengan negara bagian yang memiliki paling banyak suara elektoral adalah California (55), oleh Texas (34) dan New York (31) yang ditetapkan sejak 1964.

Pada pemilu kali ini, perhitungan suara diprediksi bakal lebih lama, karena lebih banyak pemilih yang menggunakan hak pilihnya menggunakan pos.

Baca Juga:

Electoral College, Penentu Kemenangan Presiden AS

#Pilpres AS #Joe Biden #Donald Trump
Bagikan
Bagikan