TPN Ganjar - Mahfud Minta Debat Libatkan Penonton

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 07 Desember 2023
TPN Ganjar - Mahfud Minta Debat Libatkan Penonton
Suasana foto bersama usai pengundian nomor urut capres-cawapres pada Pemilu 2024. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - KPU menetapkan ada lima sesi debat tiga pasangan calon selama masa kampanye Pilpres 2024 yang berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Lima acara debat itu berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Direktur Eksekutif Direktorat Komunikasi Informasi dan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Y. Tomi Aryanto, memandang debat dengan format town hall bisa lebih efektif menguji visi-misi atau gagasan setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baca Juga:

Timses Dampingi Capres-Cawapres saat Debat Dibatasi Maksimal 50 Orang

"Kenapa kami mengusulkan format yang memberikan kesempatan untuk audiens itu berinteraksi? Karena supaya apa yang menjadi buah pikiran dari calon-calon (pemimpin) ini juga diuji di tempat," kata Tomi saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (6/12).

Tomi mengingatkan, debat capres-cawapres merupakan sarana yang tepat untuk mengungkap gagasan setiap paslon. Masyarakat juga harus mengetahui isi pikiran dari setiap paslon dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, TPN mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dapat menerapkan format town hall.

Konsep town hall pada dasarnya memberikan kesempatan kepada audiens atau penonton untuk mengajukan pertanyaan kepada capres-cawapres. Format tersebut dinilai lebih menarik dibanding format podium yang pernah diterapkan pada Pilpres 2019.

Tomi tidak memungkiri bahwa visi-misi yang ditawarkan setiap paslon memang mempunyai keunggulan. Namun, mengingatkan penyusunan visi-misi paslon turut melibatkan tim pemenangan masing-masing. Mengingat hal tersebut, maka masyarakat perlu menguji penguasaan dan pemahaman capres-cawapres terhadap visi-misinya masing-masing.

"Jangan-jangan kalau kita uji dia (paslon capres-cawapres) dengan visi-misi yang disusun oleh timnya sendiri, dia tidak tahu. Atau dia mungkin malah tidak pernah baca atau sebenarnya tidak peduli dengan itu. Nah, itu yang tidak kita inginkan," kata Tomi.

KPU memutuskan seluruh kegiatan debat akan disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya. Selain itu, setiap debat akan diisi oleh dua moderator.

Baca Juga:

Saat Debat Cawapres, Capres Hanya Mendampingi dan Dilarang Ikut Berbicara

#Debat Capres-cawapres #Pemilu #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan