Otomotif

Toyota Luncurkan Prius 2023, Masih Bertenaga Hybrid

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 17 November 2022
Toyota Luncurkan Prius 2023, Masih Bertenaga Hybrid
Tenaga hybrid masih dipertahankan. (Foto: Toyota)

MOBIL hybrid pertama dari pabrikan Toyota ini telah lama menjadi bahan olok-olokan di pasar kendaraan ramah lingkungan. Selain karena performanya yang menurut beberapa orang menyedihkan, tampangnya juga tidak jauh lebih baik. Namun, kini Toyota memperbaiki semuanya.

Menurut laman The Verge, Prius 2023 generasi kelima yang didesain ulang telah diluncurkan di Jepang, dengan tampilan baru yang lebih mirip seperti coupe dan cukup sporty. Namun, konfigurasi desainnya masih sebuah mobil empat pintu, dan dengan tenaga penggerak yang sama yaitu hybrid dan plug-in hybrid.

Dibanding pendahulunya, Prius 2023 memang lebih tampan. Terutama bila dibanding Prius 1997, mobil listrik hybrid pertama yang diproduksi secara massal. Namun, versi yang terbaru ini, disebutkan Toyota mengikuti desain 'siluet monoform' yang diperkenalkan pada Prius 2003.

Baca juga:

Toyota Kenalkan Mobil Konsep Ambivalent RD Prius PHV (Plug-in Hybrid) di Tokyo Auto Salon 2020

Desainnya mirip coupe. (Foto: Toyota)

Namun, tim pengembangan betul-betul mulai dari awal untuk mendesain ulang mobil itu hingga menciptakan konsep 'Hybrid Reborn' untuk menciptakan wajah baru Toyota Prius. Platform TNGA (Toyota New Global Architecture) sudah tersemat pada Prius teranyar itu.

Namun, Prius tetaplah Prius. Mobil itu memiliki opsi mesin pembakaran 1.800 cc dan 2.000 cc pada sistem khusus hybrid-nya nan anyar. Tenaga mesin 1.800 cc yang dapat dihasilkan mencapai 144kW. Sementara versi 2.000 cc dapat menyemburkan tenaga hingga 166kW.

Saat berkendara dengan tenaga listrik, Prius plug-in baru mencapai jangkauan sekitar 50 persen lebih tinggi dari model sebelumnya. Di AS, Prius Prime yang sudah diproduksi memiliki jangkauan sekitar 40 km, sementara Prius baru dapat mencapai sekitar 60 km dalam mode listrik penuh.

Baca juga:

Mobil Diesel Toyota Kini Sudah Terapkan Standar Euro 4

Interior mirip bZ4X. (Foto: Toyota)

Hingga saat ini, Toyota nampaknya masih kesulitan untuk meluncurkan mobil yang bertenaga listrik penuh. Saat berbagai pabrikan saat ini tengah bersaing meluncurkan berbagai kendaraan listrik anyar, Toyota pada tahun ini baru saja meluncurkan bZ4X yang digunakan pada helatan G20 Indonesia.

Sejumlah komunitas pencinta lingkungan telah meminta berbagai pabrikan otomotif untuk fokus pada pengembangan serta peluncuran mobil listrik. Mobil hibrida dinilai mereka malah menyeret bumi semakin jauh kepada krisis iklim yang kian parah setiap harinya.

"Ketika Prius pertama kali diluncurkan, mereka menjadi pionir moda transportasi rendah karbon. Namun, 25 tahun kemudian, teknologi kendaraan hibrida tidak cukup untuk membatasi pemanasan global pada 1,5 C," ungkap juru kampanye iklim dan energi Greenpeace Asia Timur Daniel Read. (waf)

Baca juga:

Toyota akan Daur Ulang Baterai Bekas Mobil Listrik

#Toyota #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan