Toyota akan Daur Ulang Baterai Bekas Mobil Listrik

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 22 Juni 2022
Toyota akan Daur Ulang Baterai Bekas Mobil Listrik
Toyota ingin daur ulang baterai bekas mobil listrik mereka. (Foto: Unsplash/Christina Telep)

TOYOTA bermitra dengan Redwood Materials, sebuah perusahaan daur ulang baterai yang dipimpin oleh salah satu pendiri Tesla JB Straubel, untuk mengumpulkan dan mendaur ulang baterai kendaraan seperti yang dilaporkan oleh The Verge.

Produsen otomotif itu berencana mengambil baterai lama yang sudah usang dan memperbaikinya atau menghancurkannya, sehingga bahannya dapat digunakan untuk membuat baterai baru. Redwood secara khusus berencana memproduksi bahan untuk anoda dan katoda, dua komponen utama sel baterai.

Tujuan utama perusahaan adalah untuk menciptakan rantai pasokan loop tertutup untuk kendaraan listrik. Artinya, mereka memanfaatkan baterai bekas dari mobil listrik dan mengubahnya menjadi baterai untuk mobil baru, sehingga bisa lebih menghemat sumber daya.

Baca juga:

Toyota Majesty, MPV Mewah di Atas Alphard atau Vellfire

Toyota akan daur ulang kendaraan listrik tua mereka. (Foto: Unsplash/Raivis Razgals)

Sementara, Toyota saat ini telah meluncurkan kendaraan baterai listrik jarak jauh pertamanya. Mobil yang lebih baru tidak menjadi fokus upaya kemitraan saat ini, mengingat baterai mereka masih relatif baru. Kemitraan itu akan fokus pada mobil baterai listrik yang usianya sudah sangat tua dan usang.

Target proyek kemitraan Toyota dan Redwood adalah mobil baterai listrik generasi pertama yang usianya sudah lebih dari 20 tahun. Sebagian besar mobil yang dimaksud adalah Toyota Prius generasi pertama.

Di sisi lain, Redwood mengatakan bahwa mereka ke depannya ingin memiliki beberapa pusat operasi di dekat pabrik baterai Toyota di Amerika Utara. Ini mengacu pada pabrik yang ada di wilayah Carolina Utara.

Baca juga:

Toyota GR Supra GT4 50 Edition, Cuma Ada Enam Unit di Dunia

Toyota akan daur ulang baterai lama untuk ciptakan baterai baru. (Foto: Unsplash/CHUTTERSNAP)

Sejatinya teknologi dan metode Redwood untuk mendaur ulang baterai kendaraan belum sepenuhnya teruji. Pasalnya perusahaan baru saja meluncurkan program untuk mendaur ulang baterai bekas kendaraan listrik pada Februari 2022, dengan Ford dan Volvo sebagai mitra.

Meski Redwood telah memiliki rencana jangka panjang untuk menangani baterai dari kendaraan listrik, namun kapasitas mereka untuk melakukannya dalam skala besar sesungguhnya relatif belum teruji.

Perusahaan tersebut mengatakan mampu menerima sekitar enam gigawatt-jam baterai per tahun untuk didaur ulang. Mereka berharap dapat memproduksi komponen senilai 100 GWh pada 2025 dan lima kali lipat pada tahun 2030. (waf)

Baca juga:

Mobil Diesel Toyota Kini Sudah Terapkan Standar Euro 4

#Lipsus Juni Sayangi Bumi #Mobil #Toyota #Otomotif #Mobil Listrik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan