Tour de Merapi 2019, Naik motor Keliling Embung di Lereng Merapi Pemandangan Merapi di kejauhan dari sudut pandang Kali Krasak. (Foto: instagram@handjojo_wonoadi)

DINAS Pariwisata Kabupaten Sleman bakal menyelenggarakan acara touring motor bertajuk Tour de Merapi 2019. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Tour de Merapi 2019 akan mengelilingi embung (tempat penampung air) yang ada di Kabupaten Sleman.

Acara yang akan diselenggarakan pada Minggu, 21 Juli 2019 ini memiliki tema Embung Wae Yoo. Nantinya, seluruh peserta akan touring sejauh 100 km melewati lima embung.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih menjelaskan seluruh peserta akan touring sejauh 100 km melewati lima embung.

Tour de Merapi 2019 (Sumber: Ist)
Tour de Merapi 2019 (Sumber: Ist)

"Kelima embung tersebut antara lain Embung Jetis Suruh di Kecamatan Ngaglik, Embung Banjarharjo di kecamatan Ngemplak, Embung Tambak Boyo dikecamatan Depok, Embung Donomulyo dikecamatan Godean, Embung Ngino dikecamatan Seyegan), dan Embung Kali Aji di kecamatan Turi,"jelas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih di Yogyakarta, Jumat (19/07).

Lokasi awal acara akan dilaksanakan di lapangan Pemda pada pukul 07.30 WIB. Bupati Sleman, Sri Purnomo akan melepas peserta tour. "Finnish acara di Embung Tlogo Putri di Hargobinangun, Pakem,"kata dia.

Panitia turut menyiapkan sejumlah doorsprise untuk para peserta diantaranya sepeda motor, sepeda gunung, laptop, telepon genggam dan barang elektronik.

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Pemandangan di Lereng Gunung Merapi. (Foto: MP/Teresa Ika)
Pemandangan di Lereng Gunung Merapi. (Foto: MP/Teresa Ika)
Tour de merapi keliling embung diselenggarakan sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan potensi wisata di Kabupaten Sleman, dan juga memperkenalkan fungsi embung sebagai lokasi wisata disamping penampungan air.

Diharapkan dengan event ini bisa membangkitkan semangat pengelola embung untuk lebih mendayagunakan embung sebagai lokasi wisata.

Pelaksanaan event ini mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat, terutama di Kabupaten Sleman. Hal ini terbukti dari jumlah pendaftar melampaui target yang telah ditetapkan. Tercatat hingga saat ini 704 sepeda motor yang akan berpartisipasi dalam event ini.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH