Total dalam Berakting, Begini Cara Aktor Hollywood Mendalami Karakter Demi totalitas akting, Tom Cruise lakukan adegan berbahaya tanpa stuntman (Foto: rollingstone)

DEMI mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan, setiap orang harus bersungguh-sungguh mencurahkan segala usaha serta passion untuk meraihnya. Hal ini berlaku pada semua aspek kehidupan, tidak terkecuali pekerjaan.

Meski terlihat mudah, akting merupakan salah satu pekerjaan yang berat dan sulit. Bayangkan, kamu harus menggunakan riasan serta kostum, menjiwai karakter, mengontrol raut muka, bahasa tubuh, latar tempat dan waktu, serta dialog yang sesuai dengan script di depan ratusan kru.

Tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para aktor dan aktris, terkadang hal-hal di atas menjadi tekanan tersendiri untuk profesi mereka. Selain itu, mereka juga harus menjaga kebugaran tubuh, penampilan, mengasah kemampuan berakting, menjiwai peran, menjaga reputasi, serta bersaing dalam dunia hiburan yang sengit.

Baca juga:

5 Adegan Sulit dalam Film yang Harus Diulang Berkali-Kali, Nomer 3 Paling Berbahaya!

Demi Totalitas Jadi Captain Marvel, Brie Larson Latihan Fisik Habis-Habisan

Karena dunia hiburan sangatlah kompetitif, maka tidak jarang para aktor dan aktris profesional akan melakukan apa saja untuk menjadi yang terbaik. Mulai dari melukai diri sendiri untuk mendapatkan bekas luka, diet ketat, sampai melakukan adegan berbahaya tanpa stunmant. Seperti beberapa aktor berikut ini:

1. Tom Cruise menolak untuk menggunakan pemeran pengganti

Total dalam Berakting, Begini Cara Aktor Hollywood Mendalami Karakter
Tom Cruise bergelantung di sisi pesawat yang sedang lepas landas di Mission Impossible. (Foto: airows.com)

Tom Cruise merupakan salah satu aktor film action yang selalu berhasil membuat para penonton puas menyaksikan film-filmnya. Demi mendapatkan hasil yang realistik, Tom Cruise bersikeras untuk melakukan semua adegan berbahaya sendiri tanpa stuntman dalam film Mission: Impossible dan juga The Mummy.

Tom Cruise ingin memastikan kepada penonton bahwa itu memanglah dirinya yang menjadi Ethan Hunt di seri Mission: Impossible.

Tentunya ini akan mempermudah pekerjaan kru pembuat film, karena mereka tidak harus repot menghapus adegan dimana wajah stuntman terlihat jika para aktor menggunaka.

Sejauh ini, Cruise telah memanjat Burj Khalifa, melakukan HALO jumps, bergelantungan di tali dibawah helikopter, mengikat dirinya ke sisi pesawat terbang, serta mematahkan kakinya akibat berlari diatas atap-atap kota London.

2. Shia LaBeouf melukai diri sendiri untuk mendalami peran dan penampilan

Total dalam Berakting, Begini Cara Aktor Hollywood Mendalami Karakter
Shia LaBeouf rela melukai dan mengorbankan sebuah gigi untuk film Fury. (Foto: comingsoon.net)

Ketika syuting film drama peperangan berjudul Fury, LaBeouf melakukan hal ekstrem demi mendapatkan tampilan yang realistik. Menurut wawancara yang dilakukan GQ Magazine terhadap lawan main LaBeouf, Logan Lerman, mengatakan bahwa luka di wajah LaBeouf bukan efek dari riasan, tetapi merupakan goresan asli.

"Kita sedang diriasi, dan mereka memberikan efek bekas luka, dan aku mengatakan ya, itu terlihat bagus, kemudian Shia mengatakan tidak, itu tidak terlihat nyata. Lalu dia keluar dan pergi ke lorong dan mengatakan, "teman-teman, mau menyaksikan sesuatu yang menyenangkan? Ayo lihat ini!", kemudian dia mengeluarkan pisau dan melukai wajahnya. Dan dikeseluruhan film dia terus membuka luka diwajahnya ini" jelas Lerman.

Selain melukai wajahnya, LaBeouf juga mengunjungi dokter gigi dan meminta untuk mencabut giginya demi mendalami karakter.

3. Strategi Geoffrey Rush untuk mendapat perhatian penonton

Total dalam Berakting, Begini Cara Aktor Hollywood Mendalami Karakter
Trik Geoffrey Rush agar bisa mendapat perhatian penonton. (Foto: whatculture.com)

Geoffrey, karakter pendukung yang paling menaring dalam seri film Pirates of The Caribbean ini memiliki trik cerdas untuk menarik perhatian penonton.

Dalam logika Geoffrey, penonton akan menonton film sama seperti ketika mereka membaca buku. Orang akan memindai dari kiri ke kanan, sehingga karakter yang berada di bagian kiri layar akan lebih diperhatikan.

Sehingga Geoffrey sebisa mungkin meminta seluruh perannya diposisikan disebelah kiri, apalagi ketika dia harus selayar dengan aktris yang baginya lebih atraktif, yakni Keira Knightley.

4. Andy Serkis menjadi zookeeper demi memerankan king-kong

Total dalam Berakting, Begini Cara Aktor Hollywood Mendalami Karakter
Andy Serkis mengunjungi Rwanda untuk mendalami karakter Kong. (Foto: Air Freshener)

Ketika diberikan pekerjaan untuk menyuarakan dan menjadi Kong dengan bantuan teknologi dalam film King Kong (2005), Andy Serkis sangat serius dalam mendalami tugasnya tersebut.

Serkis bekerja sebagai seorang penjaga kebun binatang di London untuk bisa lebih sering berinteraksi dengan hewan.

Serkis juga berkunjung ke Rwanda agar ia bisa melihat dan mencium kingkong agar bisa lebih sempurna menjadi king-kong. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH