Toroan, Air Terjun Satu-Satunya di Madura

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 16 November 2018
Toroan, Air Terjun Satu-Satunya di Madura
Air terjun Toroan, satu-satunya di Madura. (foto: Instagram @tonyferiandi)

PULAU Garam punya beberapa pantai indah yang sudah pasti jadi incaran para pelancong. Namun, selain pantai, madura masih punya air terjun yang unik. Air Terjun Toroan namanya.


1. Cara mencapai Air Terjun Toroan

air terjun toroan
Lokasinya enggak jauh dari pusat Kota Sampang. (foto: Instagram @opeqnyasar)

Air Terjun Toroan berlokasi tidak jauh dari Kota Sampang, Madura. Lokasi tepat destinasi ini ialah di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang.

Dari Surabaya, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 105 km. Ada dua jalan alternatif yang dapat di tempuh ketika berangkat dari Surabaya. Jalur pertama ialah melewati jalan tol Suramadu yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura. Alternatif lain, kamu bisa menyeberang menggunakan kapal feri melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Akses jalan menuju Air Terjun Toroan cukup mudah. Angkutan umum pun bisa dengan mudah kamu temukan di jalur menuju lokasi. Apalagi, jarak Air Terjun Toroan dari pusat Kota Sampang hanya 4 km. Jadi kamu bebas memilih mau pakai angkutan umum ataupun kendaraan pribadi.


2. Langsung mencurah ke laut

air terjun toroan
Airnya langsung mencurah ke laut. (foto: Instagram @ayung21)

Jika biasanya kamu menemukan air terjun di pegunungan atau perbukitan, Air Terjun Toroan justru terletak di pinggir pantai. Tumpahan Air Terjun Toroan pun langsung menuju laut, tidak ada batas daratan yang menutupinya.

Di Indonesia, selain Air Terjun Toroan, ada Air Terjun Banyutibo di Pacitan dan Air Terjun Peguyangan di Nusa Penida, Bali, yang punya lokasi sama. Hampir menyatu dengan pantai.

Dengan ketinggian hampir mencapai 20 meter, air terjun ini punya lebih dari satu turunan air. Namun, hanya ada satu air terjun dengan aliran air yang begitu deras dan besar.

Dinding tebing air terjun ini berwarna kuning keemasan, khas air terjun. Saat air laut pasang, akan terlihat pemandangan laut dan pantai yang menyatu.

Ketika air laut surut, Air Terjun Toroan Madura akan terlihat berbeda. Air terjun akan tetap mengalir, tapi air laut yang surut meninggalkan hamparan pasir bertekstur kasar dengan batu karang besar di mana-mana.

air terjun toroan
Batu-batu karang di sekitar air terjun menambah keindahan. (foto: Instagram @evansanta86)

Batu-batu karang besar di sekitar air terjun ini akan tampak jelas di permukaan. Kamu bisa banget memanfaatkan batu-batu itu sebagai tempat berpijak untuk melihat air terjun. Atau kamu bisa berpose cantik di atas batu.

Namun ingat ya, kamu harus berhati-hati. Pasalnya, air terjun ini punya kedalaman curah air hingga kurang lebih 2 meter. Jadi buat kamu yang kurang jago berenang, amat enggak disarankan turun ke dekat air terjun.

3. Lingkungan perawan, terbaik untuk melihat sunset

air terjun toroan
Lingkungan sekitar yang masih hijau dan perawan. (foto: Instagram @tulussetiabudi)


Keindahan Air Terjun Toroan enggak hanya pada airnya yang mengalir ke laut. Lingkungan sekitarnya yang masih alami juga membuat air terjun ini amat indah. Di sekitar lokasi air terjun ini, tidak ada bangunan sama sekali. Benar-benar amat perawan dan alami.

Pepohonan hijau menambah keasrian lokasi ini. Benar-benar bikin betah. Nikmati harimu di air terjun ini hingga sore. Pasalnya, lokasi ini amat bagus untuk menikmati matahari terbenam.

air terjun toroan
Sunset di Air Terjun Toroan amat indah. (foto: Instagram @mampirmadura)

Suara air terjun berpadu gemuruh ombak menjadi latar warna kemerahan di kala sunset. Benar-benar romantis dan indah. Itulah yang bikin air terjun ini jadi lokasi pilihan untuk pemotretan atau foto pre-wedding.

Yuk, jadwalkan kunjungan kamu ke Air Terjun Toroan di Sampang.(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan