Film

'Top Gun: Maverick' Jadi Aksi Terakhir Val Kilmer?

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 27 Mei 2022
'Top Gun: Maverick' Jadi Aksi Terakhir Val Kilmer?
Top Gun: Maverick bisa jadi aksi terakhir Val Kilmer. (foto: Instagram @valkilmerofficial)

FILM Top Gun: Maverick tayang di bioskop akhir pekan ini. Penayangan itu menandai kembalinya para bintang besar era 1980-an dan 1990-an. Itu bukan cuma Tom Cruise.

Aktor Val Kilmer kembali ke layar lebar, mengulangi perannya sebagai Tom ‘Iceman’ Kazansky dalam sekuel yang telah ditunggu sejak 1986. Biarpun Cruise ialah bintang di film ini, penampilan Kilmer tak bisa dilewatkan begitu saja.

BACA JUGA:

'Top Gun: Maverick' Akhirnya Tayang Perdana di Festival Film Cannes 2022

Meski begitu, para penonton muda mungkin tak menyadari betapa besar nama seorang Val Kilmer.

Setelah peran ikonik sebagai rival sombong nan keren bagi Cruise di Top Gun, Kilmer memerankan bermacam karakter di berbagai genre film. Dalam genre superhero, Kilmer memerankan sang ‘Dark Knight’ di film Batman Forever (1995). Ia juga bermain di film Barat Tombstone sebagai Doc Holliday pada 1993. Kilmer juga pernah main di film biopik The Doors (1991) sebagai Jim Morrison. Aktor 62 tahun ini bahkan pernah berakting sebagai pencuri bank di film mahakarya Michael Mann, Heat (1995).

Namun, Top Gun: Maverick layaknya sebuah pertunjukan terakhir bagi Kilmer. Ia telah menjalani traketomi akibat kanker tenggorok dan mengubah total suaranya. Kilmer mengungkap kanker tenggoroknya pada 2017. Sejak saat itu, ia menjauhi dunia akting.

Isu kesehatan Kilmer menjadi jalinan dalam kisah Top Gun: Maverick. Itu memberikan sekuel ini sebuah lapisan emosional. Jika memang film ini merupakan peran terakhir sang aktor, itu akan menjadi sebuah konklusi untuk karier paling menarik dan menghasilkan uang dalam sejarah Hollywood.

CNN Busniness melaporkan Kilmer menghasilkan uang yang besar dari karier panjangnya. Comscore menghitung pendapatan total Kilmer mencapai USD 2 juta di box office global.

Meski memiliki isu kesehatan, Kilmer masih berkarya. Tahun lalu, ia tampil di dokumenter Val. Itu merupakan sebuah dokumenter personel yang mengungkap kisah Kilmer menghadapi isu kesehatannya. Film dokumenter itu menampilkan cuplikan interaksi Kilmer dengan keluarga dan orang-orang di set film selama bertahun-tahun.

“Elemen paling menyentuh dalam Top Gun: Maverick muncul dalam penampilan singkat Kilmer sebagai Iceman, yang isu kesehatannya merefleksikan apa yang dialami sang aktor di kehidupan nyata,” ujar kepala kritik film di The Hollywood Reporter David Rooney.(dwi)

BACA JUGA:

'Top Gun: Maverick' Dipresentasikan di CinemaCon 2022

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan