Tontowi/Liliyana dan Ahsan/Rian Amankan Tiket Final

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 26 Agustus 2017
Tontowi/Liliyana dan Ahsan/Rian Amankan Tiket Final
pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro melangkah ke final BWF World Championships 2017 di Glasgow, Skotlandia. (Dok PBSI)

MerahPutih.com - Indonesia mengirimkan dua wakilnya ke Final BWF World Championships 2017 di Glasgow, Skotlandia. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro melangkah ke partai puncak setelah mengempaskan lawan-lawannya.

Tontowi/Liliyana rebut tiket final dengan mengalahkan wakil Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah, dalam dua game langsung, 21-16, 21-13 di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Jumat (25/8) waktu setempat.

“Pasangan Hong Kong ini adalah pasangan yang bagus, buktinya mereka bisa mengalahkan pasangan Tiongkok di perempat final. Hari ini kami benar-benar tidak mau lengah walaupun kami lebih diunggulkan, tadi berpikir bagaimana caranya main ‘bersih’ dan komunikasi baik dengan Owi,” ungkap Liliyana dalam konferensi pers usai pertandingan.

Sementara itu Ahsan/Rian melangkahkan kaki ke Final usai menyisihkan pasangan unggulan empat asal Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam pertarungan dua gim bertempo 37 menit yang berkesudahan 21-12, 21-15.

Ini adalah final ketiga Ahsan di ajang kejuaraan dunia, dimana dua diantaranya telah ditaklukkannya bersama Hendra Setiawan di Guangzhou tahun 2013 dan di Jakarta tahun 2015. Kali ini dipasangkan dengan pemain yang lebih muda darinya, Ahsan membawa Rian ke final dan perjuangan mereka tinggal selangkah lagi.

Namun dalam duet kali ini, Ahsan bertukar peran menjadi play maker dan lebih banyak mengontrol permainan di depan net. Sementara Rian sebagai finisher atau tukang gebuk di belakang.

“Awalnya kami sama-sama pemain belakang, tetapi sekarang saya kan yang lebih tua, jadi lebih mengontrol di depan. Rian lebih muda dari saya, jadi dia yang lebih banyak mengeluarkan tenaga,” ungkap Ahsan.

Di final yang akan digelar Minggu (27/8) Tontowi/Liliyana akan menghadapi pemenang pertarungan Zheng Siwei/Chen Qingchen asal China yang ditantang duet Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Sedangkan Ahsan/Rian akan menghadapi pemenang antara Chai Biao/Hong Wei dan Liu Cheng/Zhang/Nan yang sama-sama berasal dari China.

Dua wakil di kejuaraan dunia mengingatkan kita akan raihan di Guangzhou, Tiongkok, pada 2013 lalu. Kala itu, dua gelar juara dunia sekaligus dibawa pulang oleh Tontowi/Liliyana dan Hendra/Ahsan. Masih terbayang di ingatan bagaimana mereka mempersembahkan kado manis bagi Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan sepekan setelahnya. (*)

#BWF World Championships
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan