Musik

Tom Morello Umumkan Album 'The Atlas Underground Flood'

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 19 November 2021
Tom Morello Umumkan Album 'The Atlas Underground Flood'
Tom Morello siapkan album terusan 'The Atlas Underground Flood'. (Foto: Istimewa)

SUKSES dengan album The Atlas Underground Fire yang rilis pada Oktober 2021, hasrat bermusik Tom Morello sepertinya belum terpuaskan. Bagaimana tidak, Morello kemudian mengejutkan para penggemarnya dengan mengumumkan album kedua di 2021 bertajuk The Atlas Underground Flood.

Dalam beberapa wawancara terbarunya, Morello mengakui bahwa proses kolaboratif yang terjadi selama masa pandemi telah membuatnya lebih kreatif dengan menciptakan banyak lagu. “Bebagai materi yang terkumpul tersebut, sepertinya tidak cukup bila hanya dituangkan untuk satu album saja,” ungkap Morello dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Jumat (19/11).

Baca juga:

Tom Morello Akhirnya Resmi Merilis Album ‘The Atlas Underground Fire’

View this post on Instagram

A post shared by Tom Morello (@tommorello)

Pada album terbarunya tersebut, Morello kembali berkolaborasi dengan musisi-musisi ‘kelas atas’ di antaranya, Nathaniel Rateliff, Jim Jones, IDLES, Ben Harper, Alex Lifeson, Kirk Hammett, X Ambassadors, Barns Courtney, Manchester Orchestra, Andrew McMahon in the Wilderness, dan masih banyak lainnya.

“Album ini seperti London Calling dari The Clash, tapi dari saya. Saya mengagumi The Clash pada momen puncak mereka, saya berusaha membuat sebuah double album, di mana kepentingan atau ide artistik tidak terhalang atau bahkan lebih penting daripada genre musiknya,” tambah Tom Morello.

Untuk memulai rangkaian peluncuran The Atlas Underground Flood, Tom Morello telah merilis tiga lagu terlebih dahulu. Di antaranya Human (feat. Barns Courtney), Hard Times (feat. Nathaniel Rateliff, Jim Jones, dan Chipotle Joe), dan Raising Hell (feat. Ben Harper) yang dirilis serentak pada 17 November 2021.

Baca juga:

Duet Penuh Aksi Post Malone dan The Weeknd di ‘One Right Now’

Tom Morello Umumkan Album 'The Atlas Underground Flood'
Artwork album 'The Atlas Underground Flood'. (Foto: Istimewa)

The Atlas Underground Flood rencananya akan berisi 12 lagu. Morello juga akan terus menunjukan ciri khas permainan gitarnya yang luar biasa, dengan genre yang berbeda beda dalam album ini.

“Saya bertujuan untuk membentuk sebuah visi terpusat yang dikurasi dengan baik, untuk dapat menyatukan semua ambisi musikal yang tak kenal takut, liar, dan luas secara sonic dengan para kolaborator yang luar biasa. Dan tentu saja, ada banyak solo gitar,” pungkas Morello.

Lagu-lagu yang telah dirilis ini seakan memberi gambaran pada para panggemar tentang apa yang akan datang dari album ‘saudara’ The Atlas Underground Fire. Album yang mendapatkan pujian dari penggemar dan kritikus musik. (far)

Baca juga:

Foo Fighters Tanding Renang Indah di Video Musik ‘Love Dies Young’

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan