Tolak Hasil Pemilu, Prabowo Tidak Patriotik

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 16 Mei 2019
Tolak Hasil Pemilu, Prabowo Tidak Patriotik
Prabowo Subianto. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menilai sikap Capres Prabowo Subianto yang tak mau mengakui hasil pemilu, adalah sia-sia belaka. Pasalnya, hal itu tidak memengaruhi hasil rekapituasli Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Wakil Ketua TKN Johnny G. Plate menilai, penolakan pemilu yang sudah diselenggarakan secara demokratis bukan wujud tokoh ksatria dan tentu tidak patriotik.

Politisi Partai Nasdem, Johnny Gerard Plate
Politisi Partai Nasdem, Johnny Gerard Plate

"Jika saja beliau mendapat akses terhadap informasi yang akurat, dan valid kami tentu percaya bahwa beliau akan mengambil sikap yang arif dan bijaksana," ujarnya kepada wartawan, Rabu (15/5)

Politisi NasDem tersebut meminta Prabowo dan BPN menghormati keputusan rakyat dan mengakui hasil pemilu.

"Suara Rakyat dan keputusan rakyat harus dihormati dan sama-sama menghargainya, dengan mangakui hasil pemilu yang dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu. Yang mana mereka juga dipilih oleh parpol melalui fraksinya di DPR RI, khususnya fraksi yang tergabung di koalisi BPN," jelas dia.

"Mereka tidak ditunjuk oleh presiden melainkan dipilih oleh DPR RI dan KPU bekerja secara mandiri sebagai lembaga yang independen," tambah Johnny.

Prabowo. Foto: ANTARA
Prabowo Subianto. Foto: ANTARA

Johnny mengatakan penetapan pemenang pemilu prosesnya telah diatur dalam undang-undang.

"Penyelesaian sengketa pemilu sudah diatur dalam UU Nomor 7/2017 tentang pemilu. Jika merasa dirugikan maka demi kepastian hukum dan kepastian hak, maka tempuh sesuai alur amanat UU. Penetapan pemenang pemilu juga sudah diatur dalam UU, terlepas diakui atau ditolak oleh peserta pemilu dalam hal ini paslon Capres 02," katanya. (Knu)

#Prabowo Subianto
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan