Tol Jakarta-Surabaya Buat Penumpang Pesawat Berkurang Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang (MP/Widi Hatmoko)

Merahputih.com - Tersambungnya Tol Jakarta-Surabaya memicu penurunan jumlah penumpang pesawat, salah satunya penumpang Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Realisasi jumlah penumpang saat puncak arus meleset dari proyeksi, yakni dari 28.300 orang menjadi 27.301 orang pada H-3 Natal dan Tahun Baru 2019.

Penyebabnya adalah bergesernya masyarakat dari moda transportasi udara ke moda transportasi darat karena Tol Jakarta-Surabaya tersambung.

"Kenapa ini turun, kalau saya tanya ke penumpang itu pada bergeser ke tol karena Yogyakarta-Surabaya itu hanya empat jam, cepat dan masih gratis," ujar Kepala Departemen Operasi dan Layanan Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Riyaman saat ditemui di Yogyakarta, Rabu (26/12).

Sementara itu, lanjut dia, dibandingkan hari biasa peningkatan penumpang mencapai 8,5 persen dari sekitar hanya 23.000 penumpang per hari menjadi 27.000 penumpang per hari. Kebanyakan pengunjung yang datang, bukan hanya untuk merayakan Natal, tetapi juga untuk liburan.

"Di kedatangan lebih besar karena di Yogyakarta ini tempat pariwisata, mereka ada yang hanya rekreasi," katanya.

Pesawat Milik Garuda Indonesia
Pesawat milik Garuda Indonesia (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Terkait penambahan fasilitas, Riyaman mengatakan pihak TNI AU sudah memberikan tiga tempat parkir pesawat, dari 11 menjadi 14 parking stand. "Untuk latihan TNI juga libur hingga tanggal 3 Januari, sehingga semua slot bisa kita pakai untuk penerbangan tambahan," katanya.

Terdapat 30 penerbangan tambahan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan sampai saat ini baru terpakai empat yakni Citilink dan Sriwijaya, untuk rute-rute ramai, yaitu Balikpapan, Jakarta (Cengkareng), Jakarta (Halim Perdanakusuma) dan Makassar.

Di sisi terminal, sebagaimana dikutip Antara, ia juga menambahkan pintu ditambah dari tiga menjadi tujuh pintu di Terminal A dan B. Adapun, personel keamanan yang dikerahkan dari internal 50 orang dari ekstenal 50 orang, baik TNI AU dan Polri. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH