Tol Fungsional Solo-Yogyakarta Bisa Digunakan saat Mudik Lebaran

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 27 Maret 2023
Tol Fungsional Solo-Yogyakarta Bisa Digunakan saat Mudik Lebaran
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) saat meninjau tol Solo-Jogja pada Februari lalu. ANTARA/Aris Wasita

MerahPutih.com - Perjalanan pemudik di kawasan Solo-Yogyakarta dan sekitarnya bakal lebih lancar dengan adanya Tol Solo-Yogyakarta.

PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) berupaya memastikan, tol fungsional Solo-Yogyakarta selesai sebelum Lebaran 2023 seiring dengan pengerjaan yang terus dilakukan.

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM Muhammad Amin di Solo, Senin (27/3), mengatakan bahwa secara fungsional ruas tol tersebut akan dibuka mulai dari Kartasura hingga STA 6 di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Baca Juga:

Masyarakat Dilarang Keras Mudik Jarak Jauh Menggunakan Sepeda Motor

"Pengerjaan terakhir adalah mengupayakan pengurangan timbunan, terus dilakukan pemadatan dengan ruas A dan B sampai di lantai kerja sebelum dicor (setebal) 30 cm," katanya, seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, sesuai dengan imbauan pemerintah pengerjaan ditargetkan dapat selesai sebelum H-7 Lebaran 2023 sehingga saat H-7 ruas tersebut sudah dapat dilewati.

Secara teknis, dikatakannya, kendaraan dari arah barat yang akan melewati ruas tol fungsional tersebut keluar terlebih dulu di exit tol Colomadu. Setelah melewati lampu merah, kendaraan kembali masuk ke badan jalan tol arah sawit.

"Fungsionalnya H-7 hingga H+7 Lebaran. Yang H-7 menuju Yogyakarta, sedangkan yang setelah Lebaran dari arah sebaliknya," katanya.

Baca Juga:

Komisi V DPR Soroti Potensi Kemacetan di Tol Cikampek saat Arus Mudik Lebaran

Ia mengatakan, panjang tol fungsional tersebut 6 km. Ruas tol fungsional tersebut diharapkan bisa memecah kemacetan di pertigaan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, yang biasa dilewati kendaraan dari arah barat baik dari tol maupun tidak menuju ke timur atau ke selatan.

Sementara itu, pihaknya juga akan menempatkan petugas di posko yang berada di exit tol Colomadu.

"Petugas disiapkan oleh Jasa Marga, di samping ada posko Lebaran di samping kiri lampu merah. Nanti yang bertugas buka tutup mereka," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, rute Solo-Yogyakarta yang menjadi titik kepadatan tertinggi yakni di pertigaan Kartasura.

"Yang masih jadi frustrasi antara Kartasura-Yogyakarta ya. Jadi segera kami selesaikan supaya lebih lancar lagi," katanya. (*)

Baca Juga:

Menhub Minta Kementerian dan Swasta Gelar Mudik Gratis

#Pembangunan Jalan Tol #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan