Tol Cengkareng - Kunciran Hampir Rampung

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 20 Agustus 2020
Tol Cengkareng - Kunciran Hampir Rampung
Pembangunan Jalan Tol. (Foto: BPTJ).

MerahPutih.com - Progres konstruksi jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran telah mencapai 86,46 persen. Tol ini merupakan bagian struktur jaringan jalan bebas hambatan untuk menghubungkan di pusat kegiatan wilayah metropolitan Jabodetabek.

"Kehadiran jalan Tol JORR II nantinya juga bisa menjadi akses pendistribusian dan jalur logistik di kawasan industri yang menjadi semakin terbangun di kota-kota penyangga ibu kota seperti salah satunya pada wilayah Banten dan sekitarnya," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit di Jakarta, Rabu (18/8).

Ia mengatakan, sebagai upaya mendukung kelancaran aksesibilitas transportasi di Ibukota dan mengurangi kapasitas kendaraan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya, terus dilakukan penyelesaian konstruksi enam ruas Tol Jakarta Outer Ring Road II.

Baca juga:

Pulihkan Ekonomi, BI Berlakukan DP Nol Persen Bagi Kendaraan

Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) diharapkan selesai konstruksi pada akhir tahun 2020.

Selain itu, jalan tol ini diharapkan menjadi akses yang sangat penting kehadirannya, karena akan menjadi salah satu akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya. Selanjutnya, akan tersambung oleh Jalan Tol Serpong - Cinere yang juga akan selesai konstruksi pada akhir tahun 2020.

Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran juga akan terhubung dengan jalan Tol Kunciran - Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

Ilustrasi Jalan Tol
Ilustrasi Jalan Tol. (Foto: PUPR)

Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sepanjang 14,19 Km terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) Sepanjang 2,04 km, Seksi II Tirtayasa – Benteng Betawi sepanjang 3,52 km. Kemudian dilanjutkan Seksi III Benteng Betawi – H.Sastranegara sepanjang 6,57 km, dan yang terakhir Seksi IV Sastranegara – SS Benda sepanjang 99,81 km.

Jalan Tol JORR 2 terbagi menjadi enam ruas, yaitu Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 km, Kunciran - Serpong sepanjang 11,4 km, Serpong - Cinere sepanjang 10,14 km, Cinere - Jagorawi sepanjang 14,64 km, Cimanggis - Cibitung sepanjang 25,39 km, Cibitung - Cilincing sepanjang 34,02 Km.

Baca Juga:
Dorong Daya Beli, Ekonomi Indonesia Tetap Minus di 2020
#Pembangunan Jalan Tol
Bagikan
Bagikan