Top 10 Survivor of The Year
Tokopedia, Pahlawan UMKM di Masa Pandemi Sebanyak 9,9 juta penjual bergabung di Tokopedia. (Foto: Instagram/@liamtanu)

DESTRIANA cepat-cepat mengganti password semua akun di aplikasi belanja daring, pembayaran daring, media sosial, hingga chatting. Pekerja swasta bagian administrasi di bilangan Sudirman tersebut sampai harus memproteksi dua langkah.

Semua langkah proteksi digital dilakukan setelah beroleh kabar melalui akun berita di media sosial tentang kebobolan data pelanggan di Tokopedia. "Saya sering transaksi di situ (Tokopedia). Nyambung OVO lagi. Makanya was was juga," kata Destriana cemas.

Baca juga:

William Tanuwijaya, Berani Baru Membangun Tokopedia

Sejak saat itu, ia menunda bertransaksi di aplikasi berlogo kantung belanja berupa burung hantu hijau tersebut. "Abis itu kan diskon gede. Tapi mending tahan-tahan aja dulu daripada data pribadi saya kenapa-kenapa kan". Destriana memutuskan berbelanja di toko sebelah.

Pada Maret 2020 terjadi pencurian data pengguna Tokopedia. Sebanyak 91 juta akun pengguna diperjual belikan.

Data tersebut termasuk nama pengguna, email, dan hash pasword. Semua data tersebut tersimpan di file database PostgreSQL kemudian disebar di forum online.

Kebobolan tersebut terjadi di masa awal pandemi COVID-19 saat terjadi perubahan pola konsumsi dari belanja langsung beralih ke daring.

Meski terjadi pencurian data, Tokopedia menyatakan informasi pengguna tetap aman dan terlindungi. VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan password pengguna tetap terjaga.

Tokopedia menggunakan sistem kode OTP (one time password) untuk melindungi data pengguna. Keamanan sistem ini terjamin karena hanya bisa diakses secara real-time oleh pemilik akun.

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, ikut turun tangan mengatasi kasus kebobolan data pelanggan. William menyurati semua penggunanya untuk mengklarifikasi kebocoran data tersebut.

Sejak 11 tahun lahir, menurut William, Tokopedia selalu memprioritaskan keamanan data pengguna. Peningkatan sistem keamanan juga terus dilakukan demi kenyamanan setiap pengguna.

Selain itu, ada tiga poin penting disampaikan William kepada pengguna. Pertama, dalam mengatasi masalah tersebut, Tokopedia langsung melakukan proses investigasi. Kedua, ada kerjasama dengan pemerintah dalam investigasi. Terakhir, Tokopedia mengandalkan institusi keamanan siber kelas dunia.

Tokopedia mengalami kebocoran data pada Maret 2020. (Foto: Pexels/Pixabay)

Meski beberapa pelanggan, seperti Destriana memutuskan menyetop transaksi, nyatanya 9,9 juta penjual baru telah bergabung di Tokopedia sampai kini. Jumlah tersebut membuktikan para pengusaha tetap percaya dengan Tokopedia bahkan semangat berkarya di tengah pandemi. Meski situasi sulit para penjual tetap berusaha survive di masa pandemi.

'Pahlawan UMKM' agaknya memang cocok menjadi julukan Tokopedia. Dari jumlah penjual tersebut hampir 100 persen merupakan pengusaha UMKM. Bahkan, 94 persennya berskala ultra mikro.

"Artinya, ada peningkatan sebesar lebih dari 2,7 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Januari lalu," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya kepada merahputih.com lewat email.

Prinsip Tokopedia ke depannya memang ingin terus mendorong akselerasi platform digital bagi para UMKM. E-commerce tersebut melakukan beberapa kolaborasi dengan tujuan memajukan produk lokal. Misalnya program #SatuDalamKopi. Pada program tersebut, Tokopedia bekerjasama dengan pemerintah dan seribu pegiat usaha kopi mengusung kopi nusantara.

Di Program #BanggaBuatanIndonesia, Tokopedia juga terlibat di dalam misi mengakselerasi adopsi platform digital bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM. Dengan begitu, bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali lewat kanal daring.

"Kami percaya, salah satu kunci beradaptasi di tengah pandemi adalah berkolaborasi dan berinovasi," papar Ekhel.

Tokopedia juga berkolaborasi di program 'Tokopedia Nyam' bersama dengan pegiat usaha makanan dan minuman. Kemudian di Indonesia Fashion Week, Tokopedia menggandeng pegiat usaha lokal dari industri fesyen.

Baca juga:

Cara Haykal Kamil Survive di Bisnis Fashion Muslim saat Pandemi

Kolaborasi terakhir Tokopedia, lanjut Ekhel, terselenggara pada program Pasar Cikurubuk Online. Program tersebut menggandeng Pemerintah Tasikmalaya dan Bank Indonesia Wilayah Tasikmalaya untuk mensukseskan transformasi digital di Pasar Cikurubuk nan terdampak pandemi.

Tokopedia berkolaborasi untuk survive di pandemi. (Foto: Pexels/fauxels)

"Melalui sejumlah inisiatif tersebut, kami melihat antusiasme masyarakat, baik dalam menciptakan peluang bisnis daring maupun memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah," tambah Ekhel.

Menurut Ekhel, Tokopedia ke depannya akan tetap fokus membantu para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM. Tokopedia ingin mengakselerasi adopsi platform digital agar UMKM dapat tetap beradaptasi di tengah pandemi. "Salah satunya dengan menyediakan panggung seluas-luasnya bagi para pegiat usaha," imbuhnya.

Praktiknya, kata Ekhel, dengan menyediakan pendampingan dan akses terhadap materi edukasi dalam bentuk kelas online atau webinar bagi pebisnis baru. Materi ini juga diberikan sebagai bahan pembelajaran penjual di Tokopedia melalui Pusat Edukasi Seller.

"Tema yang diangkat sangat beragam, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik, dan lainnya," paparnya.

Para pegiat usaha bisa mendapatkan akses terhadap berbagai fitur praktis untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, seperti Dekorasi Toko, Voucher Toko, Rilisan Spesial, Broadcast, TopAds, hingga Bebas Ongkir.

Program tersebut juga bukan sekadar formalitas. Ada bukti UMKM sukses setelah mengikuti program ini. Contohnya, Manis, penjual kopi asal Probolinggo. Setelah mengikuti rangkaian edukasi lewat Tokopedia, penjualannya meningkat lewat Jualan Masboy secara signifikan.

Ekhel menyebut selama pandemi COVID-19, pegiat usaha memiliki kanal pemasaran daring dinilai lebih tangguh. Mereka berhasil membuat bisnis tetap berjalan walau adanya pembatasan sosial selama pandemi. "Sehingga lapangan pekerjaan pun tetap dapat dipertahankan. Mengingat UMKM adalah penyumbang lebih dari 60 persen PDB," tukasnya. (ikh)

Baca juga:

Jaga Kualitas dan Inovasi Cara Survive ala Dapur Cokelat

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
ASEAN Siap Akselerasi Integrasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi
Fun
ASEAN Siap Akselerasi Integrasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) berkolaborasi dengan Huawei Indonesia, menggelar dialog interaktif dan pertukaran pandangan serta gagasan antara para pembuat kebijakan, akademisi, dan pakar industri

Prediksi Tren Fashion 2021: Denim Masih Jadi Pilihan
Fashion
Prediksi Tren Fashion 2021: Denim Masih Jadi Pilihan

Apa saja sih fashion item denim yang bakal tren di 2021?

Jurus Ampuh Tolak Saudara Yang Ingin Sentuh Bayi Kita Pas Lebaran
Fun
Jurus Ampuh Tolak Saudara Yang Ingin Sentuh Bayi Kita Pas Lebaran

Bayi mungil memang sangat menarik untuk disentuh.

Sengketa Hak Cipta, Apple Kalah di Pengadilan
Fun
Sengketa Hak Cipta, Apple Kalah di Pengadilan

Apple telah menuduh startup atau perusahaan rintisan Corellium meniru iOS dan membuat perangkat virtual.

'Music Matters' Hadirkan Kolaborasi Musik dan Wisata
ShowBiz
'Music Matters' Hadirkan Kolaborasi Musik dan Wisata

Event Music Matters menghadirkan konsep musik yang sangat spesial

Menelusur Pengaruh Awards Bagi Musisi
ShowBiz
Menelusur Pengaruh Awards Bagi Musisi

Mengenal seberapa berpengaruhnya ajang penghargaan atau awards bagi perkembangan musisi

Penyu Raksasa Pernah Hidup di Bumi
Hiburan & Gaya Hidup
Penyu Raksasa Pernah Hidup di Bumi

Penyu ini dibentuk untuk peperangan.

Google Dituntut Karena Kualitas Stadia
Fun
Google Dituntut Karena Kualitas Stadia

Google sudah digugat sejak Oktober tahun lalu.

Indonesia Jalin Kemitraan Teknologi AR dengan Oman
Hiburan & Gaya Hidup
Indonesia Jalin Kemitraan Teknologi AR dengan Oman

Indonesia dan Oman menjalin kemitraan platform linguistik.

Sekali Makan dengan Porsi Banyak Berisiko pada Tubuh
Fun
Sekali Makan dengan Porsi Banyak Berisiko pada Tubuh

Sedikit yang tahu bagaimana tubuh merespon gaya makan berlebihan.