berita-singlepost-banner-1
Tokoh-Tokoh Nasional Ucapkan Selamat HUT ke-20 INTI Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj. (MP)
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.com - Sejumlah tokoh Nasional menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI).

Dalam ucapannya Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj berharap Perhimpunan INTI lebih bermanfaat dan berguna bagi bangsa Indonesia dalam rangka membangun demokrasi yang sehat dan membangun karakter bangsa yang terhormat.

Tak hanya itu, Said Aqil, meminta INTI untuk menjaga Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) dan keutuhan NKRI.

"Dan menjaga kesepakatan founding fathers kita, NKRI UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila," kata Said Aqil.

Lebih lanjut, Said Aqil berpesan kepada INTI untuk saling menjunjung tinggi budaya gotong-royong terhadap sesama.

"Kita perkuat hubungan satu sama lain harus kita tingkatkan hilangkan sekat sekat dan batas satu sama lain baik itu agama ras suku politik semuanya demi kebesaran kejayaan Indonesia yang kita cintai," jelasnya.

Jimly
Mantan Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie. Foto:MP

Sementara itu, Mantan Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie mengatakan, dalam HUT ke-20 ini Perhimpunan INTI diharapkan memaikan peran mengintegrasikan secara utuh etnis Tionghoa dengan Indonesia. Hal itu dilakukan agar INTI bisa menjadi contoh bagi semua etnis yang ada di Tanah Air.

"Yang berasal dari sana saja baik dari luar maupun dalam yang di zaman sekarang untuk hidup bersama dibawah naungan Pancasila UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," jelasnya.

Jimly pun mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan Indonesia.

"Maka kita dapat membayangkan suatu hari kelak sesuai dengan penduduk Indonesia sebagai bangsa terbesar ke 4 dunia sesudah RRT, India, Amerika Serikat dan Indonesia akan menjadi 4 bangsa terdepan dalam membangun peradaban dimasa kini," jelasnya.

Kapolda
Foto: MP

Dalam kesempatan yang berbeda, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol, Gatot Eddy Pramono pun mengucapkan selamat HUT ke-20 Perhimpunan INTI. Menurut Gatot, sangat tepat INTI memilih tema 20 Tahun INTI Merajut Kebhinekaan Indonesia. Karena tema itu diambil di tahun Pemilihan Umun (Pemilu) 2019.

"Yang tepat ditengah-tengah tahun demokrasi dan tahun politik dalam kesempatan ini saya menghimbau mari kita bersama-sama demokrasi yang berkualitas yang bermartabat," ujarnya.

Gatot pun menyampaikan ucapan terima kasih atas peran INTI yang telah memberikan kontribusi, peduli dan berkontribusi kepada anak bangsa. Ia pun mengajak INTI untuk bersama-sama bangsa Indonesia membangun bangsa.

"Ikut turut serta bersama-sama masyarakat tionghoa indonesia dan komponen masyarakat lainnya membangun bangsa Indonesia bangsa yang memliki karakter bangsa dengan dasar pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

berita-singlepost-mobile-banner-3
Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6