Tokoh Tionghoa Serukan Setop Perang Buzzer Medsos dan Kompak Lawan Corona Tangkapan layar Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas menggunakan "teleconference" yang dilangsungkan di Istana Bogor, Senin (16/3). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

MerahPutih.com - Koordinator Forum Rakyat Lieus Sungkharisma mengimbau semua golongan di Indonesia terutama kelompok elit politik menjadikan pandemi virus corona momentum untuk menghilangkan ego kepentingan dan bersatu-padu menyelematkan bangsa.

"Kesampingkan dulu agenda politik. Inilah saatnya kita bekerjasama. Jangan egois. Dalam situasi sekarang ini, berhentilah membuat pernyataan yang kontra produktif,” kata Lieus kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/3).

Baca Juga

Pemerintah Minta Pasien Positif Corona Tanpa Gejala Isolasi Mandiri di Rumah

Menurut Lieus, saat ini masih ada pertempuran opini buzzer dan elit politik di media sosial yang berusaha saling menyalahkan terkait kasus corona. Bahkan, kata dia, ada upaya saling membentur antara pihak-pihak yang berwenang mencegah penyebaran wabah antara pemerintah pusat dan daerah.

Lieus mencontohkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ataupun Gubernur Banten Wahidin Halim yang dianggap cepat tanggap mengatasi penyebaran virus corona malah dikritik. Menurut dia, begitu pula ada pihak-pihak yang menyalahkan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bukannya diapresiasi dan didukung, mereka malah dibully. Begitu juga terhadap apa yang dilakukan Presiden Jokowi dalam mengatasi meluasnya penyebaran wabah Covid-19 ini,” papar tokoh Tionghoa itu.

Baca Juga

Corona Merebak, Anies Imbau Perusahaan di DKI Hentikan Kegiatan

lieus sungkharisma
Aktivis Tionghoa, Lieus Sungkharisma. (MP/Asropih)

Situasi ini, kata Lieus, dikhawatirkan sangat rentan untuk dimanfaatkan pihak-pihak yang coba memancing di air keruh dengan isu corona. Namun, dia meyakini sekaligus mengimbau masyarakat Indonesia mampu memiliha dan tidak terpancing dengan isu-isu hoaks corona yang beredar.

Apalagi, kata Lieus, semua pihak otoritas tentu sudah berusaha maksimal meredam penyebaran wabah COVID-19 di tanah air, termasuk Presiden Jokowi. Lieus sangat berharap apa yang sudah dilakukan pemerintah pusat dan daerah ini dikotori upaya adu domba di tengah masyarakat.

“Saya pikir semuanya langkah itu berbasis pada upaya menyelamatkan rakyat. Jadi mari kita dukung langkah-langkah pemerintah itu dengan bersatu padu, bekerjasama dan bergotong royong. Bukan malah mencari celah menjelekkan-jelekkan kepala daerah yang satu dan memuji-muji yang lain,” tutup Lieus. (Knu)

Baca Juga:

Pemerintah Nyatakan Virus Covid-19 Jadi Bencana Nasional


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH