Tokoh Muda INTI yang Layak Jalankan Visi 'Indonesia Emas' Jokowi-Ma'ruf Amin Pengurus INTI berdiskusi dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (5/12). (Humas INTI)

Merahputih.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) memiliki banyak tokoh muda yang sesuai dengan Visi Indonesia Emas pemerintahan Joko Widodo-KH Maruf Amin. Khususnya dalam hal sumber daya manusia, hal mana yang pernah menjadi bahasan utama ketika INTI bertemu Presiden Jokowi di Istana Desember 2018 yang lalu. Mereka siap menduduki jabatan strategis di pemerintahan untuk membangun bangsa Indonesia.

Adapun tokoh-tokoh muda INTI yang siap menyumbangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk membantu bangsa, mengabdi untuk negeri itu, diantaranya Basuri T. Purnama (mantan Bupati Belitung Timur), Tomi Wistan (Ketua REI Sumatera Utara dan sekretaris INTI Sumut), Candra Jap (aktivis pemuda dan pendiri program Beasiswa Pelangi INTI), Herry Saputra Gani (Anggota DPRD Cirebon), Idris Gautama (Ketua Bidang di INTI dan salah satu Pakar IT di Indonesia).

Baca Juga: Ini Kegiatan Pengurus INTI saat Kunjungan ke Jawa Timur

Adapula nama-nama seperti Elizabeth Sentosa (Psikolog dan Wasekjen INTI) Kurnia Setiawan (Dekan FSRD UNTAR), Jandi Mukianto (Wasekjen INTI, Presiden JCI Indonesia dan tokoh muda Buddhis), Pusanti (Wakil Ketua Bidang Pendidikan INTI yang mengenyam pendidikan S3 Bahasa Mandarin di RRT). Ada juga sosok Lexyndo Hakim, Juru Bicara INTI yang juga berprofesi sebagai Advokat dan Sekjen Komunitas Banteng Muda.

Sekertaris Jenderal INTI, Ulung Rusman menjelaskan, kader-kader muda INTI tersebut, selain aktif menjalankan roda organisasi di INTI, juga sangat sejalan dengan harapan Jokowi dan bangsa Indonesia, yang pancasilais, menghormati kebhinekaan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang hidup sesuai dengan keadaan masyarakat Indonesia.

"INTI punya banyak kader dan pengurus yang sudah selesai dengan dirinya dan sangat pancasilais. Siap mewujudkan Visi Indonesia, sehingga beberapa tokoh muda di INTI juga siap menjadi pembantu Presiden kapanpun diperlukan", ujar Ulung dalam keterangannya kepada Merahputih.com, Sabtu (20/7).

Ulung menyebut mereka sebagai tokoh pemuda INTI, yang lintas profesi, lintas pengalaman ber-organisasi dan siap kerja untuk NKRI. "Mereka sudah terbukti Kebhinekaannya dan komitmen terhadap Pancasila," jelas Ulung.

Ulung mengungkapkan bahwa INTI adalah organisasi yang selama ini fokus dan komitmen menjaga NKRI, kebhineka tunggalika-an, juga mengkader anggota-anggotanya untuk selalu bekerjasama dan siap menghadapi serta adaptif terhadap perkembangan zaman.

"Mereka adalah kader-kader terbaik INTI, anak bangsa, yang siap mengorbankan jiwa raganya, untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas nya Jokowi dan Kyai Maruf", tegas Ulung optimis.

Sekertaris Jenderal INTI, Ulung Rusman bersalaman dengan Presiden Jokowi (Humas INTI)

Ulung mengapresiasi Visi Indonesia tersebut. "INTI sebagai organisasi yang hadir di tanah Air untuk turut berjuang bersama untuk membangun demokrasi, tentunya menyambut baik apa yang disampaikan Jokowi tersebut, khusus perhatian kami terhadap Pemerintah, kami pun siap membantu dalam mewujudkan Visi Indonesia Jokowi tersebut", kata Ulung.

Semua pihak harus bergandengan tangan dan mengubah paradigma lama yang selama ini membuat kita sebagai bangsa, tertinggal jauh dengan negara-negara lain. Pria yang juga aktvis 98 dan kerap memperhatikan isu-isu keberagaman itu, berharap orang-orang yang dipilih Jokowi dapat menterjemahkan Visi Indonesia dalam program-program yang konkrit nantinya.

Termasuk sudah selesai dengan persoalan dirinya dan ideologi yang siap menjalankan Pancasila secara lahir batin. "Kapanpun, INTI siap 'menyerahkan' anak-anak mudanya untuk menjadi pembantu Jokowi dan Kyai Maruf," imbuh Ulung.

INTI akan membuat seminar besar tentang 100 tahun Indonesia, serta mengajak para tokoh bangsa untuk ikut memikirkan bagaimana Indonesia 100 tahun nanti pada 2045, lengkap dengan dengan harapan INTI dan cara bagaimana mencapainya.

Baca Juga: Perhimpunan INTI Jawa Tengah Adakan Musdalub dan Pelantikan Pengurus Daerah 2018

Diharapkan seminar 100 tahun Indonesia 2045 akan diselenggarakan bersamaan dengan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) INTI 2019, yang rencananya akan diadakan November mendatang.

INTI sendiri merupakan sebuah organisasi yang salah satu tujuannya adalah mencetak kader muda pemimpin bangsa, dan ikut berperan aktif dalam dinamika pembangunan bangsa. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH