Tokoh Lodwijk Mandacan Dijadikan Nama Rumah Sakit Logo Polri. (polri.go.id)

MerahPutih.com - Kepolisian Daerah Papua Barat akan mengusulkan nama seorang tokoh besar masyarakat Suku Arfak sebagai nama rumah sakit Bhayangkara yang dibangun di Manokwari.

Kapolda Papua Barat Brigjen (Pol) Rudolf Albert Rodja, Selasa (9/1), mengatakan, rumah sakit yang dibangun di Kampung Maripi, Distrik Manokwari Selatan, itu akan diberi nama Lodwijk Mandacan.

"Ini keinginan kita, mengusulkan Lodwijk Mandacan sebagai nama Rumah Sakit Bhayangkara. Ini juga menjadi keinginan dari Bapak Kapolri," kata Rudolf seperti dilansir Antara.

Almarhum Lodwijk Mandacan adalah tokoh besar Arfak yang cukup berpengaruh hingga saat ini. Nama ini cukup dikenal di wilayah Provinsi Papua Barat.

Kapolda menyebutkan, dirinya akan segera menemui Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan yang juga merupakan anak dari Lodwijk. Ia akan meminta restu dari para ahli waris terkait rencana penggunaan nama tersebut.

Jika ahli waris merstui, ke depan rumah sakit Polri pertama di Papua Barat ini akan memiliki nama RS Bhayangkara Lodwijk Mandacan.

Manurut Kapolda, hal itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan sekaligus pengakuan atas jasa Lodwijk Mandacan serta keturunan dalam pembangunan daerah.

"Beliau itu sebagai tokoh pejuang yang harus kita hargai jasa-jasanya dan abadikan namanya," ujarnya lagi.

Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua Barat akan diresmikan oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian. Sesuai rencana peresmian akan dilaksanakan pada 29 Januari 2019, serentak dengan peresmian gedung baru Mapolda Papua Barat.

Sejumlah mantan Kapolda Papua Barat akan diundang untuk menghadiri kegiatan tersebut, antara lain Irjen Pol Paulus Waterpauw, Irjen (Pol) Royke Lumowa dan Irjen (Pol) Martuani Sormin. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH