Deretan Tokoh Jenius Dari Korea Selatan Yang Menguasai Dunia Tokoh jenius dari Korea yang menguasai dunia (Sumber: Berbagai Sumber)

KOREA Selatan telah melalui berbagai rintangan di masa lalu. Mulai dari ketimpangan gender, ketidakstabilan keuangan, hingga invasi. Namun, kini mereka mampu mengatasinya dengan baik. Mereka berbalik menguasai dunia modern lewat perdagangan, teknologi, dan hiburan.

Negeri ginseng juga telah melahirkan sejumlah individu luar biasa. Lewat skill dan kejeniusan, mereka memberi dampak luar biasa secara global. Berikut deretan orang Korea Selatan yang berdampak pada dunia:

Baca juga:

Momen Irene Red Velvet Langgar Aturan Agensi Demi Penggemar

1. Bong Joon-ho

Bong Joon-ho
Bong Joon-ho (Sumber: Indie Wire)

Sutradara berusia 50 tahun ini menjadi salah satu tokoh yang paling banyak dibicarakan, bukan hanya di industri film Korea tetapi secara internasional. Namanya berhasil mencuri perhatian publik usai menorehkan sejarah baru di Academy Award.

Ia dan filmnya, Parasite menjadi yang pertama dari Korea Selatan meraih piala Oscar. Dirinya berhasil menyapu bersih piala Oscar dengan total enam piala. Metacritic menyebutnya sebagai sutradara film terbaik abad ke-21. Selain Parasite, karyanya yang tak kalah jenius yakni Snowpiercer, Okja, dan Host.

2. BTS

BTS
BTS (Sumber: Billboard)

Dengan daftar pencapaian yang cukup panjang, BTS menjadi idola Kpop generasi ketiga yang diperhitungkan di industri musik internasional. Beberapa pencapaian globalnya yang menjadi sorotan adalah saat mereka tampil di stadion di Amerika Serikat, memberi pidato kehormatan di kampanye UNICEF, dan tampil di Grammy Award. Individu-individu berbakat di dalam BTS memainkan peranan penting dalam menciptakan dominasi Kpop di mancanegara.

Baca juga:

Artis Korea lahir di tanggal yang sama

3. Son Heung-min

Son Heung-min
Son Heung-min (Sumber: Cartilage Free Captain)

Son Heung-min adalah salah satu pemain bola terbaik yang pernah diciptakan oleh bangsa tersebut. Dirinya saat ini bermain untuk Tottenham Hotspur di Liga Premier Inggris. Dirinya dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia.

Selain Park Ji-sung, Son Heung-min adalah orang Asia dan Korea Selatan kedua dalam sejarah yang memulai final Liga Champions UEFA.

4. Faker

Faker
Faker atau Lee Sang-hyeok (Sumber: League Amino)

Pemain game profesional dengan nama asli Lee Sang-hyeok tersebut saat ini aalah seorang mid laner untuk T1 di game League of Legends. Ia adalah pemain pertama yang berhasil membunuh sebanyak 1000 kali.

Meskipun gamer profesional dipandang sebagai profesi yang tak lazim di dalam masyarakat konservatif Korea Selatan, kejeniusan Faker tak bisa dipungkiri. Ia telah menginspirasi jutaan anak muda di berbagai belahan dunia bahwa pemain game adalah pekerjaan tak main-main. Gamer juga bisa menghasilkan uang dengan nilai fantastis. (avia)

Baca juga:

Beda Feminisme di Korea Selatan Dulu dan Kini

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH