Tokoh Agama Diserang, Menag: Semoga Ini Yang Terakhir Menkopolhukam Mahfud MD dan Syech Ali Jaber. (Foto: Twitter Mahfud MD)

MerahPutih.com - Dalam pekan ini, Kemenerian Agama mencatat dua kejadian beruntun serangan terhadap tokoh agama. Yakni, penusukan yang melukai Syekh Ali Jaber di Lampung, dan kedua penyeranga yang menewaskan seorang imam ketika shalat Subuh di Tanjung Rancing, Kayu Agung, Ogan Komering Hilir, Sumatera Selatan.

Menteri Agama Fachrul Razi mengingatkan, Indonesia adalah negara hukum yang konstitusinya dirumuskan dengan melibatkan para pemuka agama. Jangankan seagama, mencederai atau membunuh warga negara beda agama pun adalah sebuah kejahatan hukum.

“Karenanya saya sangat mengecam kejadian penyerangan dan pembunuhan terhadap ulama ini. Semoga ini yang terakhir kalinya terjadi. Saya percaya penegak hukum bisa tuntas mengusut dan menindak pelakunya, sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Baca Juga:

Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber Diancam Pasal Berlapis

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD sudah menjenguk Syekh Ali Jaber yang ditikam oleh orang tak dikenal, di Lampung Minggu (13/9). Pemerintah bersyukur ulama ahli Al-Qur’an ini sudah pulih.

Mahfud menyakinkan, kasus penusukan kepada ulama kelahiran Madinah, Arab Saudi ini akan diusut tuntas. Bahkan, pelaku sudah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka.

Polisi telah menetapkan Alpin sebagai tersangka. Pelaku disangkakan 2 pasal atas perbuatannya tersebut, ia dijerat kasus penganiayaan berat dan membawa senjata tajam tanpa hak.

Menteri Agama
Menteri Agama Fachrul Razi. (Foto: Ismail/Jawa Tengah).

"Sesuai Pasal 351 ayat (2) KUHP dengan ancaman pidana penjara 2 tahun dan Pasal 2 ayat (1) UU Darurat 12 Tahun 1951 dengan ancaman pidana penjara 1 tahun,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, di kantornya, Senin (14/9).

Sebelumnya, Syekh Ali Jaber ditusuk orang tak dikenal saat tengah mengisi kajian di Masjid Falahudin, Jalan Tamin Nomor 45, Kelurahan Sukajawa, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung, Minggu (13/9) sore. (Knu)

Baca Juga:

Tak Ada Indikasi Serangan Terorisme di Balik Penusukan Syekh Ali Jaber


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH