Surga Buku di Kota Beijing Terowongan meniru gaya yang biasa ditemukan di taman-taman Tiongkok. (Foto: archdaily)

SEBUAH toko buku baru di Kota Beijing terlihat seperti dibangun langsung dari mimpi seseorang penggila buku. Dari lantai ke langit-langit, toko itu dipenuhi berbagai judul berwarna-warni. Lengkap dengan terowongan buku untuk dijelajahi pengunjung.

Toko Buku Zhongshuge berada di dalam Department Store Lafayette di Beijing, Tiongkok. Dengan penggunaan cermin, jalur lengkung, dan tekstur yang berbeda, toko ini mengundang orang untuk datang dan berkeliling toko.

Baca juga:

Pengunjung Dibuat Terkesima Dengan Toko Buku eks Gereja Shanghai Ini

1
Berada di Department Store Lafayette, Beijing. (Foto: insider)

Perusahaan arsitektur X + Living berada di belakang desain nan artistik itu. Mereka mengambil inspirasi dari taman tradisional khas Tiongkok. Tujuannya ialah menciptakan dialog antara sesuatu yang baru dan yang sudah lama. "Dengan begitu, pengunjung akan mmengalami perjalanan yang hebat layaknya mimpi," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan kepada Insider.

Terowongan di toko itu meniru gerbang bulan, yang merupakan bukaan melingkar. Umumnya bentuk itu sering dibangun di taman-taman Tiongkok. Terowongan mengarah ke berbagai ruangan di toko buku, seperti ruang budaya, perpustakaan anak-anak, dan kafe.

Baca juga:

Pertama di Dunia, Hotel Berlapis Emas

2
Terowongan dibangun seperti gerbang bulan. (Foto: coolerhunter)

Desain kafe meniru pertemuan di lukisan Tiongkok yang terkenal Qu Shui Liu Shang. Sementara itu, ruang kreatif dan budaya terinspirasi oleh hutan bambu. "Semua toko buku yang kami desain terinspirasi oleh budaya lokal. Taman klasik dan ruang baca bertabrakan dengan tiga perspektif berbeda. Saya pikir itulah yang membuatnya berbeda dari toko buku tradisional," ujar perwakilan X + Living, firma arsitektur di belakang proyek itu, kepada Lonely Planet.

Menurutnya, mereka menghubungkan berbagai area fungsional dengan bermacam-macam format tata ruang. Pengunjung akan lebih tertarik dan lebih ingin tahu dalam ruang seperti ini dan merasa lebih terhubung.

Selain toko buku di Kota Beijing ini, di Kota Los Angeles, California, terdapat sebuah toko buku bernama The Last Bookstore. Toko buku itu memiliki terowongan buku yang memungkinkan pengunjung masuk.

Namun, mungkin yang paling populer dari seluruh toko buku yang ada di dunia ialah Perpustakaan Kota Praha. Di situ terdapat cermin bisa digunakan untuk membuat pertunjukan ilusi optik terowongan buku yang tidak pernah ada akhirnya. (lgi)

Baca juga:

'Studypod', Kabin Kantor Konsep WFH

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH