Toilet Umum Terluas dan Transparan di Jepang

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 10 Agustus 2021
Toilet Umum Terluas dan Transparan di Jepang
Toilet berdinding transparan unik dari Jepang. (Foto: Sora News 24)

TOILET jadi tempat sakral untuk banyak orang. Menikmati waktu sendiri dengan tenang ketika buang air adalah momen yang berharga. Namun, Jepang lagi-lagi membuatnya jadi sesuatu yang eksentrik.

Sebelumnya, Negeri Matahari Terbit itu pernah membuat toilet transparan yang akan jadi tertutup ketika dikunci. Ada pula kamar mandi beton melayang yang mirip dengan karya seni.

Baca Juga:

Kreativitas Membuat Rumah Terlihat Lebih Menarik

toilet
Ketika membuka pintu ada toilet di tengah taman yang dikelilingi dinding setinggi dua meter. (Foto: Sora News 24)

Kali ini mereka membangun kamar kecil yang dijuluki sebagai yang terluas di dunia. Bukan karena ukurannya yang besar, melainkan karena bangunannya yang transparan dan diletakkan di kebun. Seolah-olah toilet itu terlihat luas dalam artian metafora.

Berlokasi di Prefektur Chiba, toilet tak biasa ini berada di sebelah jalur kereta api Kominato, dekat dengan Stasiun Itabu. Dilansir dari laman Sora News 24, stasiun itu memang dikelilingi tanaman hijau yang rimbun. Kereta api yang lewat merupakan jenis gerbong tunggal yang hanya berhenti sekali atau dua kali dalam satu jam.

Dari sana, pengunjung hanya perlu berjalan kurang lebih satu menit untuk menemukan dinding hitam dengan sebuah pintu. Meskipun terlihat seperti pintu masuk ke sebuah properti, sebenarnya itu adalah pintu masuk ke Toilet Alam. Di bagian dalam pintu ada sebuah tulisan yang berbunyi, "Ini toilet perempuan. Setelah menggunakan toilet, biarkan pintunya terbuka".

Ketika berjalan masuk, pengunjung disambut dengan jalan setapak dari bebatuan. Di ujungnya, ada satu bangunan persegi panjang dengan toilet di dalamnya. Dindingnya terbuat dari kaca sehingga benar-benar transparan. Sementara sekelilingnya diisi dengan hamparan rerumputan dan sebuah pohon yang berdiri kokoh di bagian samping.

Baca Juga:

Yuk Terlibat Kampanye Sosial Daring Biar Produktif Selama PPKM

toilet
Dinding toilet ini dibuat dengan kaca tembus pandang sehingga ketika ditambah dengan pemandangan taman membuatnya jadi terlihat besar. (Foto: Sora News 24)

Bilik itu memang seperti toilet kebanyakan. Ada kloset yang bersih, gulungan tisu, wastafel modern. Namun, bakal membuat banyak orang cemas karena dindingnya yang transparan. Meski begitu, tetap ada tirai untuk menutup seluruh dinding yang diperuntukkan bagi mereka yang terlalu malu untuk buang air di depan umum. Mereka juga tak perlu khawatir diintip karena ada tembok setinggi dua meter untuk menjaga privasi. Selain itu, pengunjung bisa mengunci pintunya sebelum masuk dalam bilik transparan di tengah taman.

Keberadaan toilet ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Kamar mandi unik ini awalnya merupakan instalasi seni. Dirancang oleh Sou Fujimoto, toilet itu sudah berdiri sejak 2013 silam. Fujimoto merupakan seorang arsitek yang merancang bilik sebagai cara untuk menentang gagasan sehari-hari mengenai ruang publik dan pribadi. Serta mematahkan stigma mengenai persepsi tradisional tentang ukuran kecil dan besar.

Maka dari itu, bilik kecil dengan pemandangan luas ini diberi gelar toilet umum terbesar di dunia. Bagaimana pendapatmu mengenai ide ini? Apakah kamu berani mencobanya? (sam)

Baca Juga:

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Ban Mobil Kempis Sendiri

#Toilet
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan