Wisata
Toilet Hands-free Juara di Crystal Cabin Awards Pemenang kategori Clean and Safe Air Travel dalam Crystal Cabin Awards. (kinstacdn.com)

KONSEP kamar mandi pesawat tanpa sentuhan dan kursi ekonomi generasi mendatang dinobatkan sebagai desain pemenang dalam kontes tahunan yang menyoroti inovasi kabin pesawat yang dapat membentuk kembali masa depan penerbangan.

Desain kamar mandi hands-free Beacon dari desainer kabin Prancis Safran memenangi kategori Clean and Safe Air Travel dalam Crystal Cabin Awards tahun ini. Sementara itu, konsep kursi yang didukung Safran, Interspace, membawa pulang penghargaan Judges' Choice.

Para pemenang diumumkan pada upacara virtual sebagai bagian dari Aircraft Interiors Expo 2021, sebuah acara industri yang menampilkan inovasi dalam desain kabin. Penghargaan tersebut, yang dinilai 28 pakar industri, biasanya mengakui delapan kategori, tetapi membatasinya pada dua penghargaan utama untuk 2021 setelah pandemi.

BACA JUGA:

Rencana Perjalanan ke Luar Negeri Kini Lebih Mudah

Presiden Asosiasi Penghargaan Crystal Cabin Lukas Kaestner mengatakan kepada CNN Travel (16/9), memilih pemenang dengan hasil penilaian yang ketat dan para nomine menunjukkan bahwa inovasi dalam pengalaman penumpang masih inovatif, bahkan setelah lebih dari satu tahun pandemi.

Kategori Clean and Safe Air Travel mengakui konsep yang berupaya menciptakan lingkungan di udara yang lebih aman. Selain desain kamar mandi pemenang Safran, nomine lain termasuk Holographic Controller dari Rosen Aviation yang merupakan panel kontrol untuk pramugari yang memilih sensor gerak di atas tombol.

kabin pesawat
Desain kursi pesawat Interspace mencakup dua sayap empuk yang dapat dilipat. (crystal-cabin-award.com)

Sementara itu, Collins Aerospace mengajukan solusi lampu sanitasi untuk kabin pesawat yang disebut Lilac-UV, yang membersihkan interior pesawat setiap kali ada cahaya yang dipancarkan.

Pada 2022, Crystal Cabin Awards berencana untuk kembali ke delapan kategori aslinya, dengan Kaestner mengatakan kepada CNN Travel bahwa ia mengharapkan fokus pada keselamatan dan kebersihan dalam penerbangan tetap ada.

Kelas Ekonomi Generasi Mendatang

desain kabin pesawat
Konsep Cloud Capsule Toyota Boshoku merancang kabin pesawat dua tingkat dengan ruang tertutup. (crystal-cabin-award.com)

Pemenang lain, yaitu desain kursi pesawat Interspace mencakup dua sayap empuk yang dilipat masuk dan keluar secara manual dari kursi, untuk memberikan privasi ekstra bagi wisatawan dan menawarkan mereka tempat untuk mengistirahatkan kepala saat mereka mencoba tidur dalam penerbangan.

Interspace adalah gagasan dari Universal Movement, sebuah spin-off dari perusahaan desain yang berbasis di London, New Territory. Perusahaan ini bermitra dengan veteran interior pesawat Safran untuk membuat desain kursi ini menjadi kenyataan.

CNN Travel menguji prototipe Interspace ketika kursi itu ditayangkan perdana di KTT Inovasi Kabin Pesawat pada tahun 2019. Sayap memang menciptakan privasi tambahan, dan bersandar pada satu sayap, seperti yang kamu lakukan jika hendak tidur siang, ternyata sangat nyaman. Idenya adalah bahwa sayap Interspace dapat dipasang ke kursi pesawat yang ada, atau dibuat sebelumnya, seperti pada prototipe.

Desainer Luke Miles, yang sebelumnya menghabiskan tiga tahun bekerja sebagai kepala desain di Virgin Atlantic, mengatakan kepada CNN Travel pada peluncuran 2019 bahwa tujuan Interspace adalah untuk memungkinkan pelancong ekonomi "istirahat malam yang lebih baik, penerbangan yang lebih baik."

Perancang mengatakan dia memperhatikan bagaimana desain kabin pesawat biasanya fokus pada bisnis atau pengalaman kelas satu dan dia ingin menemukan cara untuk membuat kursi murah lebih nyaman.

Fokus pada Kabin Ekonomi

desain kabin pesawat
Chaise Longue Economy Seat Project menjadi desain yang menarik dengan kabin kursi dua tingkat. (wp.com)

Lukas Kaestner dari Crystal Cabin Awards mengatakan, badan penghargaan telah memperhatikan tren baru-baru ini untuk menciptakan "peningkatan privasi" di kabin ekonomi.

Konsep Cloud Capsule Toyota Boshoku, misalnya, yang masuk dalam daftar pendek pilihan juri tahun ini, merancang kabin pesawat dua tingkat yang menggunakan area di atas kursi ekonomi sebagai ruang tambahan bagi penumpang yang tertutup.

Menurut sebuah pernyataan dari perusahaan Jepang, desain harus "membuat perjalanan kelas ekonomi lebih aman, lebih menyenangkan dan lebih nyaman, sekaligus menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi maskapai."

Idenya, penumpang dapat membeli tiket kursi ekonomi reguler, dan kemudian, sebagai tambahan, membeli akses ke Cloud Capsule, yang oleh Toyota Boshoku disebut "ruang serbaguna yang sesuai dengan pengalaman kursi kelas bisnis." Wisatawan bisa masuk kesana begitu pesawat mencapai ketinggian jelajah. Kapsul juga bisa memiliki pengaturan pemanasan dan pendinginan sendiri.

Mungkin salah satu desain yang paling menarik dalam daftar panjang pilihan juri adalah Chaise Longue Economy Seat Project. Desain yang menarik ini adalah kabin kursi dua tingkat dengan setiap baris bergantian antara tempat duduk di lantai, dan kursi yang ditinggikan beberapa cm di atas tanah.

"Baris bawah memiliki keuntungan penumpang memiliki pengalaman lounge sofa dengan meregangkan kaki, sementara baris atas memberikan pengalaman SUV, memungkinkan misalnya untuk menyilangkan kaki karena ruang kaki meningkat dan ruang secara keseluruhan," desainer Alejandro Nunez Vicente mengatakan kepada CNN Travel awal tahun ini.(aru)

BACA JUGA:

Gorila di Zoo Atlanta, Positif Terkena COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Diet No Carb, Amankah?
Hiburan & Gaya Hidup
Diet No Carb, Amankah?

Ini versi lebih ekstrem dari pada diet rendah karbohidrat.

Era Streaming, Bayaran para Aktor Melambung
ShowBiz
Era Streaming, Bayaran para Aktor Melambung

Bayaran Daniel Craig ada di nomor wahid.

Kelakuan Tongkrongan Pelajar Negeri Aing Ketika Nugas di Kafe
Fun
Kelakuan Tongkrongan Pelajar Negeri Aing Ketika Nugas di Kafe

Kafe jadi tempat favorit pelajar negeri aing buat nugas.

OceanGate Expeditions Tawarkan Pengalaman Melihat Kapal Titanic
Fun
OceanGate Expeditions Tawarkan Pengalaman Melihat Kapal Titanic

Meski sudah tenggelam lebih dari seabad lalu, kapal yang menabrak gunung es itu masih menarik minat banyak orang

Menangis demi Waras
Fun
Menangis demi Waras

kalau kita menangis saat stres, kita secara efektif mendetoksifikasi tubuh kita dari zat yang terkumpul ini.

 Pakai Parfum Malam Hari bisa Tingkatkan Kualitas Tidurmu
Fun
Pakai Parfum Malam Hari bisa Tingkatkan Kualitas Tidurmu

Wewangian dalam parfum dapat menenangkan dan memanjakanmu hingga tertidur lelap sepanjang malam.

50 Tahun Berlalu, Film ‘Willy Wonka’ Dianggap Tiket Emas Bagi Para Pemain
ShowBiz
50 Tahun Berlalu, Film ‘Willy Wonka’ Dianggap Tiket Emas Bagi Para Pemain

Salah satu film yang membuat mereka terkenal sampai sekarang.

Koreografer Bae Yoon-jung Pilih Empat Idola K-Pop yang Paling Jago Menari
ShowBiz
Koreografer Bae Yoon-jung Pilih Empat Idola K-Pop yang Paling Jago Menari

Sebenarnya sulit rasanya memilih siapa yang terbaik di industri K-Pop.

Santuy Abis, Perempuan Myanmar ini Senam 'Ampun Bang Jago' Saat Kudeta Militer
Fun
Santuy Abis, Perempuan Myanmar ini Senam 'Ampun Bang Jago' Saat Kudeta Militer

Video seorang perempuan melakukan senam dengan lagu 'ampun bang jago' disaat kudeta militer Myanmar jadi viral di media sosial

Mengapa Vaksin COVID-19 untuk Anak Kecil Butuh Waktu Lebih Lama?
Fun
Mengapa Vaksin COVID-19 untuk Anak Kecil Butuh Waktu Lebih Lama?

Vaksin untuk anak-anak berbeda dengan baksin yang ada saat ini.