Game

Todd Howard Tinggalkan Proyek 'Fallout 76'

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 28 Juni 2022
Todd Howard Tinggalkan Proyek 'Fallout 76'
Gim 'Fallout 76' agaknya harus merana. (Foto: Bethesda)

SUDAH tefrkonfirmasi jika Todd Howard director dan executive produser meninggalkan proyek Fallout 76. Dia rupanya hendak lebih fokus pada gim terbaru yang diperkenalkan pada Xbox Bethesda Showcase, Starfield.

Seperti yang dikutip dari laman IGN, Fallout 76, gim baru besutan Bethesda itu ternyata gagal tampil memukau. Salah satu permasalahan yang mencuat adalah kepemimpinan di studio Bethesda.

Baca Juga:

Kelanjutan Final Fantasy 7 Remake Diumumkan di Event Final Fantasy 25th Anniversary

game
Gara-gara permasalahan di pucuk pimpinan, gim 'Fallout 76' tidak tampil maksimal. (Foto: Rock Paper Shotgun)

Meski tidak diumumkan secara langsung, staf Bethesda telah memberikan pernyataan kepada media Kotaku pada wawancara privatnya. Menurutnya Howard memang lebih menganakemaskan proyek Starfield bila dibandingkan dengan gim Fallout yang rilis pada tahun 2018.

Bahkan Howard sempat membuang sebagian ide dari staf Bethesda untuk proyek Fallout 76 ketika dia melirik pekerjaan untuk pembaruan. Sebenarnya ide tersebut memiliki daya tariknya besar bila digarap bersama tim desain.

Memang gim ini menjadi sebuah tantangan besar di Bethesda. Mengingat studio itu lebih fokus pada gim single player yang khas penuh narasi dan gameplay yang lebih luas wilayah kreativitasnya, seperti Elder Scrolls 6 dan Fallout 4 yang merupakan gim terlaris di zamannya.

Baca Juga:

'Dragon Age: Absolution', Serial Anime Terbaru di Netflix pada Desember 2022

game
'Fallout 76' kalah dari 'Starfield'. (Foto: GamesRadar)

Bisa dikatakan yang Howard lakukan lebih ke 'cuci tangan' pada permasalahan yang terjadi. Kemudian mengalirkan dana dari Bethesda untuk mengerjakan Starfield. Untuk judul baru, setidaknya gim itu hadir di era yang bisa membuatnya bersinar dengan konsol next-gen maupun PC dengan VGA yang mumpuni.

Starfield adalah gim sandbox RPG yang dapat membawa gamer hingga 20 tahun setelah era peperangan berakhir. Selain menjadi astronot dengan teknologi tinggi, kamu juga dapat melakukan eksplorasi hingga puluhan ribu planet dengan playtime yang lama. Kamu juga bisa memainkan gim itu dalam perspektif third-person atau hanya pada first-person layaknya seri Elder Scrolls dan Fallout.

Rilis secara eksklusif di Xbox Series X/S dan PC pada 11 November 2022, gim itu akan hadir di platform lain pada 2023 mendatang. (dnz)

Baca Juga:

'Dota: Dragon's Blood - Book 3' Siap Rilis di Netflix Agustus 2022

#Game #Gamers #Gaming
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan