TNI Siap Bantu Autopsi Ulang Jasad Brigadir J

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 23 Juli 2022
TNI Siap Bantu Autopsi Ulang Jasad Brigadir J
Tim Inafis Polri melakukan prarekonstruksi di TKP baku tembak antaranggota tewaskan Brigadir J, Sabtu (23/7/2022). ANTARA/Luthfia Miranda Putri.

MerahPutih.com - TNI menyatakan kesiapannya untuk memberikan bantuan pelaksanaan autopsi ulang terhadap jasad Brigadir Pol Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, meskipun belum menerima permohonan secara resmi.

"Jadi saya, TNI siap membantu dan kita pasti hadirkan dokter-dokter maupun semua perangkat medis yang diperlukan yang terbaik. Karena ini adalah misi kemanusiaan," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Sabtu (23/7).

Kendati begitu, lanjut Andika, dirinya perlu memastikan terlebih dahulu tim dokter yang bakal diterjunkan untuk membantu proses autopsi tersebut.

Baca Juga:

DPR Minta Kasus Penembakan Brigadir J Diusut Tuntas

"Saya harus pastikan rumah sakit mana, tim dokternya pun kita pilih yang senior, sehingga mereka bisa memberikan penilaian, maupun misalnya sumbangsih dari segi keilmuan, itu lebih maksimal," terangnya.

Jenderal bintang empat ini juga bisa turut mengawasi objektivitas hasil autopsi jasad Brigadir J yang tewas di rumah dinas eks Kadiv Prompam Polri Irjen Ferdy Sambo.

"Saya ingin memastikan detailnya supaya saya sendiri bisa mengawasi, mengawasi objektivitas, itu kan tidak mudah di lapangan," ujarnya.

Baca Juga:

Lemkapi Pastikan Polri Segera Ungkap Tersangka Kasus Penembakan Brigadir J

"Dan yang lebih penting memang terkendali dalam arti tidak intervensi sedikit pun sehingga mereka bisa memberikan opini yang benar-benar objektif," sambung Andika.

Sebagai informasi, permohonan autopsi ulang dilakukan pihak keluarga Brigadir J. Permohonan itu disampaikan karena keraguan pihak keluarga atas hasil autopsi pertama, sehingga pada autopsi kedua nanti akan dilibatkan juga unsur di luar Polri. (Pon)

Baca Juga:

Puluhan Orang Gelar Aksi 1.000 Lilin untuk Brigadir J

#TNI #Penembakan #Kasus Penembakan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan