TNI Kerahkan Ribuan Prajurit hingga Kapal Perang Amankan Mudik 2023

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 13 April 2023
TNI Kerahkan Ribuan Prajurit hingga Kapal Perang Amankan Mudik 2023
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (tiga kanan) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (13/4). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

MerahPutih.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) ikut mengamankan agenda mudik pada momen Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menerangkan pihaknya siap menerjunkan 18 ribu personel dalam mengamankan mudik. Nantinya, TNI akan berkoordinasi dengan aparat gabungan dan pemerintah daerah.

Baca Juga

Kakorlantas Ingatkan Bahaya Mudik Bawa Anak-Anak Pakai Sepeda Motor

"TNI AD, AL, dan AU yang akan kami kerahkan nanti untuk BKO atau membantu Polri dan pemerintah daerah dalam pengamanan ini," ujar Yudo Margono di Mabes TNI, Kamis (13/4).

TNI juga menyiagakan alutsista untuk mendukung arus mudik maupun balik baik angkutan udara, laut atau darat bila nanti diperlukan untuk mengantisipasi peningkatan masyarakat yang bakal mudik.

Sejauh ini, disiapkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin-592 yang akan berangkat dari Markas Kolinlamil, Jakarta pada 18 April, lalu tiba di Mako Lanal Semarang pada 19 April dan tiba di Mako Satlinlamil 2 Surabaya pada 20 April.

Baca Juga

Menhub Sarankan Pemudik Berangkat Lebih Awal Hindari Kemacetan

Pada arus balik, KRI berangkat dari Surabaya pada 25 April, sampai Semarang pada 26 April, dan Jakarta pada 27 April.

"Nanti TNI AD dan AU mungkin nanti dulu, apabila diperlukan kita akan siapkan, tentunya ini kan harus yang betul-betul emergency, prioritas," imbuh Yudo.

Sementara itu, TNI juga bakal mengadakan mudik bersama anggota dan keluarga. Yudo mengatakan kegiatan ini sebelumnya sempat terhalang karena pandemi COVID-19.

Mudik bersama ini baik TNI AD, AL, AU, dan Mabes TNI untuk mudik bersama khusus prajurit.

"Kami berangkatkan secara bersama-sama naik bis ke daerah-daerah yang dituju," katanya. (Knu)

Baca Juga

Kouta Terpenuhi, Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI 2023 Ditutup

#Panglima TNI #Mudik
Bagikan
Bagikan