TNI Gagalkan Penyelundupan 19,79 Kg Sabu di Perbatasan Kalbar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 02 Desember 2016
TNI Gagalkan Penyelundupan 19,79 Kg Sabu di Perbatasan Kalbar
Prajurit TNI dari Satgas Yonif Para Raider 502 Kostrad sita Sabu dan Ekstasi. (Foto : Puspen TNI)

Salah satu tingkat kerawanan tertinggi di wilayah perbatasan RI-Malaysia adalah masalah penyelundupan Narkoba yang dilakukan oleh jaringan narkotika lintas negara.

Pernyataan Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa itu, dibuktikan dengan disitanya 19,79 Kg Sabu yang disita Prajurit TNI dari Satgas Yonif Para Raider 502 Kostrad hari Kamis (1 Des.).

Saat kejadian prajurit TNI tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Para Raider 502/UY Kostrad bersama Bea Cukai dan aparat Polsek Badau, melakukan razia seluruh kendaraan yang keluar masuk di Pos Lintas Batas Negara Nanga Badau, Kec. Badau, Kab. Kapuas Hulu.

Sekitar pukul 11.30 WITA, prajurit TNI memeriksa sebuah mobil Proton Nopol WEM 6119, yang dikemudikan Chong Chee Kok (41 tahun) warga negara Malaysia.

Saat mobil diperiksa prajurit TNI menemukan tiga buah kardus mencurigakan di bagasi mobil. Saat dimintai keterangan pengemudi menunjukkan perilaku mencurigakan sehingga terpaksa digiring ke depan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Pratama Nanga Badau.

“Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata tiga kerdus tersebut memang berisi narkoba yang diduga jenis sabu-sabu. Narkoba tersebut dibungkus dengan aluminium foil sebanyak 30 paket dengan berat 19,79 Kg,” jelas Kabidpenum.

“Dari hasil temuan sabu tersebut, prajurit TNI yang kembali melakukan pemeriksaan secara menyeluruh ke seluruh bagian kendaraan, menemukan beberapa bungkus plastik berisi 1.992 butir ekstasi yang disembunyikan di dalam speaker mobil,” terang Kolonel Inf Bedali. 

Dengan barang bukti Sabu dan ekstasi tersebut, tersangka Chong Chee Kok menurut Dansatgas Pamtas Yonif Para Raider 502/UY Kostrad, Mayor Inf Febi Triandoko diserahkan ke aparat Polres Kapuas Hulu untuk diproses lebih lanjut.

Mayor Febi mengatakan, “Satgas akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini secara rutin sampai akhir penugasan di wilayah perbatasan dalam rangka membantu tugas Bea Cukai dan Kepolisian, dalam meminimalisir dan memberantas peredaran narkoba di masyarakat.” (dsyamil)

#Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H. #Kabidpenum Puspen TNI #Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan