TNI Bagikan Buku dan Ajari Anak di Perbatasan Papua-PNG Baca Tulis

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 29 Juni 2021
TNI Bagikan Buku dan Ajari Anak di Perbatasan Papua-PNG Baca Tulis
TNI ajari baca tulis.(Foto: Antara)

MerahPutih.com - Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY mengajarkan cara menulis dan membaca kepada anak-anak asli orang Papua di Kampung Kalilapar 2 Distrik Waris Kabupaten Keerom.

Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat memaparkan, pihaknya menbagikan tempat untuk belajar dan tenaga pengajar beserta fasilitas belajar buku dan alat tulis untuk belajar di rumah.

"Kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pos Kalilapar merupakan wujud nyata kepedulian TNI pengamanan perbatasan kepada dunia pendidikan," jelas Dansatgas

Baca Juga:

TNI Kirim 176 Perwira Muda Bantu Tenaga Medis Hadapi COVID-19

Ia menegaskan, dengan meningkatnya semangat belajar anak-anak, akan sangat berpengaruh pada kualitas generasi penerus bangsa sehingga suatu saat mereka akan dapat mengubah Papua menjadi lebih maju dan berkembang.

Dalam kegiatan ini anggota Pos Kalilapar juga membagikan buku-buku bacaan dengan harapan dapat menumbuhkan minat baca untuk menambah ilmu dan wawasan bagi anak-anak.

"Keceriaan anak-anak sangat terlihat ketika anggota Pos berinteraksi dengan memberikan sedikit candaan,"ungkap Dansatgas.

Danpos Kalilapar Letda Inf Wahyu Luhur Priyono mengungkapkan, anak-anak sangat senang ketika mendapat alat tulis sekolah dari anggota Pos Kalilapar.

"Harapannya kegiatan seperti ini dapat berjalan secara terus menerus ke depannya,"harap Danpos.

Pemberian bantuan oleh TNI di Papua. (Foto: Antara)
Pemberian bantuan oleh TNI di Papua. (Foto: Antara)

Ia mengatakan, kegiatan seperti ini diharapkan minat dan semangat belajar anak-anak dapat semakin meningkat, ketika memberikan bimbingan belajar disisipkan sedikit candaan dan metoda tanya jawab agar anak-anak tidak merasa jenuh dan bosan.

Tokoh Adat Kampung Kalilapar 2 Paulus Maunda menyampaikan apresiasi kepada satgas TNI Pos Kalilapar yang telah peduli dengan pendidikan anak-anak di kampungnya.

"Terima kasih kepada Danpos dan seluruh anggota yang sudah melakukan banyak sekali kebaikan-kebaikan kepada warga dan anak-anak kami, semoga anggota Pos selalu diberikan keselamatan dan diberikan kesehatan dalam bertugas," ujar Paulus. (Knu)

Baca Juga:

TNI Keberatan Dikaitkan dengan Tersangka Penganiayaan Sopir Truk di Jakut

#Terorisme #Teroris #Papua #Konflik Papua
Bagikan
Bagikan