TNI AL Tangkap Kapal Pembawa Sabu 1 Ton Sabu-sabu yang dibungkus karung beras yang diamankan TNI AL darikapal MV Sunrise Glory. Foto: Dittip narkoba bareskrim polri

MerahPutih.com - TNI AL berhasil menangkap kapal MV Sunrise Glory berbendera Singapura yang membawa sabu-sabu seberat 1 ton pada Rabu (7/2) siang WIB. Nilainya minimal mencapai sekitar Rp 1,5 triliun

Pada saat pemeriksaan, sabu-sabu itu dibungkus dengan menggunakan 41 karung beras dan ditemukan di atas tumpukan beras dalam palka bahan makanan.

Jajaran TNI AL menangkap kapal Sunrise Glory di Perairan Selat Philips. Kemudian, kapal tersebut ditarik ke Dermaga Batu Ampar Batam. Saat dilakukan pengecekan, petugas mensinyalir dokumen Sunrise Glory palsu.

Pada Kamis (8/2), dilaksanakan serah terima kapal Tangkapan dari KRI ke Lanal Batam. Keesokan harinya, Sunrise Glory digeser dari Dermaga Batu Ampar ke Dermaga Lanal Batam, dan selanjutnya dilaksanakan pengecekan terhadap ABK Sunrise Glory oleh Tim WFQR Lantamal IV/Lanal Batam, BNN Pusat, BC Pusat dan BC Batam.

Tepat pada pukul 18.00 WIB, tim menemukan barang bukti berupa sabu-sabu seberat 1 ton.

Menurut keterangan Brigjen Eko Daniyanto, kapal Sunrise Glory merupakan target operasi petugas sejak enam bulan lalu yang saat itu menurunkan sabu 1,3 ton ke Australia.

"Akhirnya, Sunrise Glory ditangkap TNI AL," kata Eko Daniyanto.

Rencananya, Sabtu (10/2) siang, akan digelar konferensi pers mengenai sabu-sabu 1 ton yang diamankan dari kapal MV Sunrise Glory. Kabareskrim Polri, Ka BNN, Aspam Kasal, Pangarmabar, Kadispamal dan Kadispenal dijadwalkan hadir dalam acara yang dilaksanakan di Batam. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH