TNI AL Gelar Latihan Antiteror di Bandara Juanda

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 14 September 2017
TNI AL Gelar Latihan Antiteror di Bandara Juanda
Pasukan khusus Satuan Komando Pasukan Katak melakukan penyelamatan penumpang pesawat saat simulasi penanganan teror di terminal 2 Bandara Juanda, Sidoarjo, Jatim (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

MerahPutih.Com - TNI Angkatan Laut dan PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya bersama-sama melaksanakan latihan antiteror di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya dan juga Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda sebagai bentuk kesiapsiagaan petugas menghadapi ancaman.

Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir mengatakan latihan ini dilakukan untuk menjaga keamanan lingkungan bandara.

"Latihan antireror ini perlu dilakukan karena bandara ini cukup banyak digunakan oleh masyarakat dan menjadi rujukan," ujarnya usai kegiatan latihan di Lanudal Juanda, Kamis (14/9).

Simorangkir mengemukakan, seperti diketahui bersama bahwa Bandara Juanda ini juga merupakan bandara militer dan keamanannya ditangani oleh TNI Angkatan Laut.

"Oleh karena itu, dalam memlihara kemampuan ini, maka latihan ini dirasakah cukup diperlukan untuk meningkatkan keamanan di dalam lingkungan bandara," ujarnya.

Dalam latihan bersama ini, kata dia, melibatkan sebanyak 400 orang personel gabungan yang ada di dalam lingkungan Bandara Internasional Juanda.

"Kami juga berterima kasih kepada PT Garuda Indonesia yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini," ujarnya.

Dalam simulasi latihan ini diceritakan ada seorang penumpang di dalam Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya yang ditangkap karena diduga sebagai teroris.

Saat menjalankan aksinya, teroris tersebut sempat menyandera seorang penumpang perempuan dan mengancam dengan menggunakan senjata api. Namun, oleh kesiapsiagaan petugas, akhirnya teroris tersebut berhasil dilumpuhkan. Petugas juga berhasil menjinakkan tas warna cokelat yang diduga berisi bom.

Di sisi lain, sebuah pesawat Garuda yang membawa penumpang sempat diteror oleh sekelompok orang. Petugas yang mengetahui adanya aksi teror ini langsung berkoordinasi dengan lintas intansi dan akhirnya berhasil melumpuhkan pelaku teroris. Sehingga kondisi di Bandara Internasional Juanda kembali normal.(*)

#Latihan Perang #Terorisme #TNI AL #Angkasa Pura II
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan