TNI-AD Siap Dukung Segala Inovasi Tangani COVID-19 di Indonesia Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers di Mabesad, Jakarta, Rabu (24/6). ANTARA/Syaiful Hakim

Merahputih.com - TNI AD menyatakan siap mendukung segala inovasi yang dilakukan untuk menangani pandemi COVID-19, termasuk yang dilakukan peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"TNI Angkatan Darat siap mendukung segala bentuk inovasi untuk menangani pandemi COVID-19 di Indonesia," kata Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa dalam pernyataan tertulisnya, Senin (21/9).

Baca Juga

Beri Motivasi Mahasiswa Baru UGM, Jenderal Andika Perkasa: Jangan Kecewakan Orangtua Anda

UGM Yogyakarta melakukan penelitian tentang inovasi alat kesehatan untuk menangani pandemi virus COVID-19 yang diberi nama GeNose, sebuah alat tes pendeteksi virus COVID-19 dari tiupan napas.

Untuk menunjukkan dukungannya, KSAD menyempatkan menghadiri undangan UGM untuk memberikan paparan hasil penelitian dan ajakan kerja sama dalam proses penelitian tersebut, di sela agenda kunjungan kerjanya di Yogyakarta.

Andika Perkasa
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat olahraga pagi di di Mabesad, Jakarta, Rabu (24/6). Foto: MP/Kanu

Dalam acara tersebut, KSAD didampingi Komandan Resort Militer 072/Pamungkas, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan beserta jajaran, mendengarkan paparan dari Dr Kuwat Triyana, selaku Tim Inventor Peneliti UGM mengenai hasil sementara penelitian.

"Kami coba untuk jelaskan prinsip kerjanya, seperti ini Bapak, kita ambil pakai kantong plastik kemudian ini kita ganti, nanti tinggal disedot menggunakan pompa masuk ke ruang sensor. Nanti ruang sensor ini yang ada di dalam ini yang nanti akan men-'sensing' gas-gas yang keluar dari napas tadi," beber dia.

Bahkan, Kuwat menyebutkan akurasi alat tes COVID-19 melalui tiupan nafas itu bisa mencapai 97 persen.

Baca Juga

KASAD Jenderal Andika Perkasa Bantah TNI AD Punya Data Hasil Pemilu 2019

Dari paparan itu, Andika merespons baik ajakan kerja sama dari pihak UGM dalam sambutannya, setelah mendengarkan paparan hasil penelitian.

"Uji diagnostik dengan uji klinis apa yang bisa kami bantu, misalnya dibutuhkan rumah sakit kami siap bantu, pokoknya kita dukung lebih cepat lebih bagus. Karena waktu ini kita urgen sekali, tanpa mem-'by pass' tadi multi central kita penuhi toh kami punya fasilitas perijinan segala macam akan lebih mudah. Saya pendukung 'inventions' apapun,” ujar KSAD. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH