TKW Korban Penyiksaan Ungkapkan Kekecewaan terhadap BNP2TKI Kunjungan kerja Tim Pengawas Perlindungan TKI di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/10).(ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

MerahPutih.com - Tenaga kerja wanita (TKW) yang menjadi korban penyiksaan majikannya saat bekerja di Arab Saudi, Nuryati (33), menyatakan kecewa dengan pelayanan crisis center BNP2TKI. BNP2TKI dinilai tidak melihat perspektif korban.

Nurhayati merupakan TKW asal Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu. Nuryati yang telah bekerja lebih dari dua tahun Arab Saudi itu dipulangkan dalam kondisi cacat permanen pada kedua tangan, di bagian wajah, serta dada akibat dibakar pakai bensin oleh majikan perempuannya.

Kekecewaan Nuryati setelah pihaknya memerima surat yang diterima dari BNP2TKI perihal kasusnya. Dalam surat tersebut BNP2TKI menjelaskan PT Arafah Duta Jasa bahwa TKI bernama Nuryati binti Arifin tidak tercatat di perusahaannya.

Sementara PJTKI hanya bertanggung jawab selama dua tahun. Jika sudah lewat dari dua tahun, sudah bukan menjadi tanggung jawab PJTKI lagi.

“Padahal selama saya bekerja belum pernah ditengok pihak agensi maupun ditelepon orang PT (perusahaan),” ungkap Nuryati, Jumat (8/10).

Sementara, Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia Kabupaten Indramayu Juwarih mempertanyakan mekanisme penanganan kasus dari BNP2TKI.

“Seharusnya kan kedua belah pihak dipertemukan dalam mediasi, agar BNP2TKI dipandang tidak berpihak dan terkesan melindungi PJTKI dari tuntutan yang kami ajukan,” tutur Juwarih.

Juwarih juga mempertanyakan jawaban yang disampaikan pihak PJTKI. “Saya ingin bertanya, atas dasar apa pihak PJTKI mengatakan demikian,” tanya Juwarih.

Seperti diketahui, pada 11 Oktober 2017 Nuryati dengan didampingi Ketua SBMI Indramayu Juwarih mengadukan PT Arafah Duta Jasa ke Crisis Center P4TKI Cirebon, menuntut pihak PJTKI untuk bertanggung jawab atas derita yang dialami Nuryati, sebagaimana diatur dalam Pasal 82 UU No. 39/2004 tentang PPTKILN. P4TKI Cirebon tiga kali memanggil pihak PT Arafah Duta Jasa untuk mediasi namun selalu mangkir dari panggilan. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Seorang TKW Disekap 9 Tahun dan Dibakar Majikannya


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH