TKN Tegaskan Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Bukti Presiden Jokowi Cinta Ulama Jubir Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily nilai Jokowi cinta ulama (Foto: acehasan.com)

MerahPutih.Com - Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan pembebasan Abu Bakar Ba'asyir, narapidana kasus terorisme. Terkait dengan pembebasan Ba'asyir, Jubir TKN Ace Hasan Syadzily menyatakan hal itu merupakan bukti Presiden Jokowi mencintai ulama.

"Tentu pemberian pembebasan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir ini sebagai bukti bahwa Presiden Jokowi merupakan figur yang memang pada dasarnya mencintai ulama," kata Ace Hasan dihubungi di Jakarta, Jumat (18/1).

Ace mengatakan pembebasan Ba'asyir atas dasar kemanusiaan, lantaran yang bersangkutan sudah sering sakit dan usianya juga sudah lanjut.

Ace meminta pembebasan Ba'asyir tidak dimaknai secara politik. Dia menilai langkah pembebasan semestinya didukung.

Abu Bakar Ba'asyir dibebaskan Presiden Jokowi
Abu Bakar Baasyir (kiri) dengan pengawalan petugas saat tiba untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di RSCM Kencana, Jakarta, Kamis (1/3). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

"Jangan dimaknai secara politik, sudah seharusnya langkah ini didukung karena pertimbangan kemanusiaan," ujar Ace.

Politisi Golkar ini sebagaimana dilansir Antara meyakini langkah tersebut tentu dilakukan atau diputuskan Presiden Jokowi setelah berbicara dengan sejumlah pihak.

Pada kesempatan berbeda Presiden Joko Widodo membenarkan bahwa pemerintah akan segera membebaskan Ba'asyir demi alasan dan atas dasar pertimbangan kemanusiaan.

"Ya yang pertama memang alasan kemanusiaan. Artinya beliau kan sudah sepuh, ya pertimbangannya kemanusiaan," kata Presiden Joko Widodo.

Presiden yang menugaskan kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra untuk mengupayakan pembebasan Ba'asyir membenarkan bahwa kondisi kesehatan Ba'asyir yang menurun menjadi pertimbangan utama.

Presiden Jokowi mengatakan rencana pembebasan tersebut sudah melalui pertimbangan yang panjang.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hasto: Prabowo Terjebak, Bikin Gol Bunuh Diri



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH