TKN Tantang BPN Buktikan Klaim Kemenangan Prabowo-Sandi Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristiyanto. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.Com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf tampaknya mulai gerah dengan klaim kemenangan yang selalu dilontarkan BPN Prabowo-Sandi. Klaim sepihak BPN terkait kemenangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 membuat jengah TKN.

Pasalnya, klaim yang sudah disemburkan beberapa kali kepada publik itu tanpa disertai bukti yang kuat serta data yang sumir.

Bahkan, Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto menantang BPN Prabowo-Sandi untuk 'buka-bukaan' data dan metolodogi yang menunjang klaim kemenangan Prabowo-Sandi tersebut.

BPN Prabowo-Sandi klaim menangi Pilpres 2019
Sudirman Said (tengah) memberikan keterangan terkait Pemilu 2019 di Media Center BPN Prabowo-Sandi (MP/Ponco Sulaksono)

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin minta kubu paslon 02 untuk membuka data secara lengkap dari level kecamatan hingga provinsi saat mengklaim kemenangan Pilpres 2019 agar dipublikasikan untuk diketahui rakyat Indoensia.

“Suara rakyat harus dihormati dan tidak boleh diklaim pihak mana pun tanpa didukung data,” papar Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Selasa (22/4).

Pihaknya berharap agar kubu 02 menghormati perhitungan suara yang dikerjakan KPU dan juga sejumlah lembaga survei yang telah bekerja keras untuk Pilpres 2019 agar tidak termakan isu hoaks.

“Kalau enggak puas, ada kecurangan, sesuai hukum maka laporkan,” tambahnya.

Hasto juga meminta agar elit politik tidak mengklaim kemenangan secara sepihak tanpa adanya data akurat dari penyelenggara pemilu.

“Kami imbau elit politik tidak klaim secara sepihak tanpa pertanggungjawaban data rekapnya, maka itu bagian dari provokasi yang bisa berdampak rusaknya upaya membangun kepercayaan pada sistem demokrasi,” tandas Hasto Kristiyanto.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH