TKN Siap Terima Gerindra Gabung Dukung Jokowi-Ma'ruf Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) Arsul Sani. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.Com - Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, menyatakan pihaknya tidak akan menutup pintu terhadap partai politik pengusung Prabowo-Sandi untuk bergabung dengan koalisi Jokowi-Ma'ruf.

Keterbukaan itu juga berlaku bagi Partai Gerindra untuk masuk dalam pemerintahan Jokowi pada periode kedua kekuasaannya.

"Kami TKN tak pernah menutup, misal 'Gerindra, oh harus kita tutup jangan sampai gabung. Tidak seperti itu. Apalagi, dalam politik semua kemungkinan terjadi. Makanya saya katakan Gerindra bergabung bukan sebuah kemustahilan," ujar Arsul di Jakarta, Senin, (24/6).

Lebih lanjut, politisi PPP ini menyatakan semua partai yang berada di barisan pemerintah tidak pernah melarang atau membatasi diri terhadap partai di luar koalisi.

Politisi PPP Arsul Sani
Politisi PPP yang juga Wakil Ketua TKN, Arsul Sani (MP/Fadhli)

"Tapi yang jelas memang di posisi partai di TKN sendiri memang tidak pernah menutup pintu. Apakah katakanlah Gerindra, Demokrat, atau PAN itu akan bergeser posisi masuk ke dalam koalisi pemerintahan," paparnya.

Arsul mengatakan sebagian politisi dalam koalisi TKN memberikan penghormatan lebih kepada Partai Gerindra, sebab menurutnya, Gerindra dianggap 'gentle' karena menghormari proses hukum menyikapi hasil Pilpres 2019 dan mengajak pendukungnya untuk tidak anarkis.

"Ada juga yang berpendapat kalau pun partai koalisi di pemerintahan akan datang mau bertambah, Gerindra pantas ditawari," imbuhnya.

BACA JUGA: BPN: Prabowo Belum Berpikir untuk Temui Jokowi

DPRD DKI Ajukan Hak Interpelasi Terkait Reklamasi, Begini Tanggapan Anies

Arsul Sani menyebut keputusan tersebut nantinya, bergantung pada kesepakatan antar kedua belah pihak. Mengingat, lanjut Arsul, politik itu dinamis dan tahapan pemilu dan kini masih dalam proses sengketa pilpres Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sekali lagi, apakah Gerindra berkenan atau tidak, ya itu kita kembalikan kepada mereka," tutupnya.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH