TKN Luncurkan Sebuah Aplikasi untuk Transparansi Penghitungan Suara Jokowi-Maruf Amin. (Foto: KPU)

MerahPutih.com - Mewaspadai aksi kecurangan di TPS saat pemungutan dan penghitungan suara, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin membuat sebuah aplikasi untuk transparasi yang bernama 'Jamin Relawan'.

"Kami buat aplikasi khusus untuk mengawal suara dan membuat tarnsparansi dalam proses pemilu," kata Juru Bicara TKN, Arya Sinulingga dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (6/4).

Aplikasi Jamin Relawan. (ScreenShoot)
Aplikasi Jamin Relawan. (ScreenShoot)

Lewat aplikasi tersebut, kata Arya, para relawan dan masyarakat jelas caranya untuk pengawalan suara yang mereka lihat di setiap TPS.

Nantinya, aplikasi ini akan di unggah ke Google Play agar masyarakat bisa mengunduhnya dengan mudah dan melakukan pengawalan.

"Ini aplikasi ada di google Play. Bisa dijalankan di android, karena kan android cukup familiar di masyarakat," jelas Ketua DPP Perindo ini.

Menurutnya, aplikasi ini merupakan cara TKN memberi kesempatan bagi relawan dan masyarakat untuk melakukan pengawalan suara yang mereka lihat di setiap TPS.

Selain untuk smartphone, aplikasi ini juga dapat diakses melalui versi laman internetnya. Ada 3 fitur utama dalam aplikasi ini, yaitu ambil suara, laporan dan notifikasi.

"Ambil suara adalah ambil jadi pemilihan kandidat. Kemudian mengirimkan ke server kita. Kalau sudah terkirim maka langsung ada notifikasi bahwa laporan sudah terkirim," tuturnya.

Dia berharap, aplikasi ini juga dapat menunjukkan penghitungan suara secara langsung atau real count selain dari KPU.

"Kalau semua aktif maka enggak butuh waktu lama. Sehari dua hari antara quick count dan real count bisa dibandingkan. Mudah-mudahan," paparnya.

"Kami juga mengharap bisa juga untuk bisa lebih cepat dari penghitungan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Kami memiliki server sangat besar karena akan banyak data masuk dari sekitar 830 ribuan TPS," tandas dia. (Knu)

Baca Juga: Terancam Kalah dari Prabowo, TKN: Pesimisnya Kami Dapat 56 Persen



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH