TKN: FPI Bisa Dibubarkan Massa Front Pembela Islam (FPI). Foto: ANTARA/ Rahmad

MerahPutih.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menilai isu pembubaran Front Pembela Islam (FPI) bisa saja dilakukan. Jika memang sejumlah prasyarat sudah dipenuhi.

Direktur Advokasi TKN Ade Irfan Pulungan mengatakan, syarat itu antara lain jika FPI tak menjunjung tinggi persatuan dan perdamaian.

Ade Irfan Pulungan (Antaranews/tss)
Ade Irfan Pulungan (Antaranews/tss)

"Kita serahkan kepada pihak yang berkewenangan yakni Kementerian Hukum dan HAM atau Kemendagri. Menkumham yang menerbitkan soal ijin kelembagaan dan Kemendagri yang regulasi. Kita serahkan semua kalau memang FPI meresahkan ketertiban umum dan tak sesuai dengan nilai luhur negara kita," ucap Ade kepada Merahputih.com di Jakarta, Rabu (8/6).

Ade Irfan menyebutkan negara tak ingin ada kelompok yang meresahkan masyarakat.

"Aktivitas mereka malah membuat keresahan di publik. Biar masyarakat yang menilai. Kalau memang ada keresahan ya harus (dibubarkan)," terang Ade.

Ade menilai, semua organisasi harus diperjelas aktivitasnya.

"Kalau memang (FPI) fokus pada masalah keagamaan, dia harus fokus terhadap masalah itu (tak urusan ke masalah lain seperti politik). Makanya kalau kita mau daftar soal ormas harus disebutkan dan dijelaskan. Kalau organisasi sosial ya harus berperan seperti itu," cetus Ade.

petisi fpi
Tangkapan layar petisi penolakan izin FPI (Change.org)

Tujuan akhirnya semua organisasi adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Tapi kalau misalnya tujuannya keluar dan dari semangat Pancasila luhur kita, harus jadi pertimbangan. Tak hanya FPI tapi semua organisasi harus seperti itu," tandas Ade Irfan. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH