TKI Tewas Dibunuh di Kamboja Ilustrasi. (setkab.go.id)

MerahPutih.com - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengonfirmasi bahwa satu WNI bernama Enen Cahyati dilaporkan tewas di Kamboja.

"Kami sedang mengumpulkan informasi lebih lanjut dari kepolisian setempat dan keluarga," ujar Lalu Muhammad Iqbal dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu (28/3), dilansir Antara.

Media melaporkan bahwa WNI bernama Enen Cahyati itu diduga dibunuh oleh suaminya yang berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Menurut Iqbal, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Phnom Penh mengetahui kejadian tersebut tidak lama setelah kepolisian membuka paksa kamar hotel pada Minggu (25/3) malam hari.

Polisi berjaga di depan Mahkamah Agung saat sidang jaminan Kem Sokha, mantan pemimpin Cambodia Natiional Rescue Party (CNRP), di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (9/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Samrang Pring/cfo/18
Polisi Kamboja saat berjaga di depan Mahkamah Agung, di Phnom Penh. (ANTARA FOTO/REUTERS/Samrang Pring)

"Diperkirakan almarhumah dibunuh tiga hari sebelum ditemukan," ungkap Iqbal.

Selanjutnya, pihak KBRI di Phnom Penh berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk mengetahui hasil visum yang diperkirakan masih akan membutuhkan waktu.

Selain itu, KBRI Phnom Penh juga mengawal proses hukumnya untuk memastikan terduga pelaku serta motif pembunuhan.

"Pada Senin (26/3), kami dari Kemlu sudah bertemu dengan ibu dan kakak almarhumah di Jagakarsa, Jakarta Selatan," ucap Iqbal. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy