TK Internasional Kipina, Tawarkan Salah Satu Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 27 Oktober 2020
TK Internasional Kipina, Tawarkan Salah Satu Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
TK Internasional Kipina hadirkan salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia (Foto: istimewa)

KIPINA Worldwide bekerjasama dengan Yayasan Akandemi Anak Indonesia (YAAI), membangun beberapa Taman Kanak-Kanak (TK) di Indonesia.

Kipina yang merupakan Taman Kanak-kanak Internasional, yang berkembang pesat dengan kekayaan kurikulum Finlandia. Saat ini telah bergabung bersama YAAI dan akan membangun lebih dari 10 cabang di seluruh Indonesia dalam kurun waktu 4 tahun kedepan.

Baca Juga:

Sekolah Diliburkan Karena Corona? Ini Deretan Situs Belajar Online yang Bisa Kamu Akses

YAAI merupakan sebuah badan khusus yang dibentuk oleh pakar pendidikan Indonesia, Sudino Lim. YAAI akan bekerjasama dengan beberapa pengembang property untuk membangun kampus-kampus baru.

Kampus pertama sudah selesai di bangun di Gading Serpong, yang kini telah membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2021/2022.

Kipina Serpong telah membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2021/2022 (Foto: istimewa)

Dua kampus pertama akan didukung penuh oleh PT Summarecon Agung Tbk. Kampus ini memiliki kapasitas tampung 250 murid.

Sementara untuk kampus kedua, sedang dalam pembangunan di Kelapa Gading, di sebelah Mall Kelapa Gading dan akan dibuka di bulan Juli 2021.

YAAI berencana akan membangun Taman Kanak-kanak yang terhubung dengan pusat perbelanjaan, komplek perumahan dan proyek-proyek terpadi, yang dimulai dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Yayasan Akademi Anak Indonesia sendiri dipimpin oleh Sudino Limm yang berpengalaman dan ahli di bidang pendidikan. Di mana Sudino Lim sudah membidangi beberapa institusi pendidikan, seperti pusat pelatihan (Master Language Center), akademi internasional (INTI College Indonesia) sebagai bagian dari Laureate International Universities, sekolah internasional (Tzu Chi School), dan perguruan tinggi swasta (Pradita University)

Tak hanya itu, Sudino Lim juga duduk sebagai pimpinan di The Association of International IB Schools dan The Association of Colleges and Universities.

TK Kapina memiliki beberapa jaringan sekolah dan kerjasama di 14 negara, khususnya di Timur Tengah, Afrika Utara dan Eropa Timur. selain itu Kapina pun membuka cabang sekolah di Vietnam pada bulan Agustis 2020 bekerja sama dengan ILA. Nantinya, Kapina berencana akan ekspansi ke India, negara-negara ASEAN dan Tiongkok.

Baca Juga:

Segala Hal Tentang Teknologi Pendidikan di Edutech Expo & IIETSE 2020

Bermitra dengan Hame University of Applied Science, Kapina akan menyediakan pelatihan bersertifikasi bagi para guru dengan kurikulum pedagogik Finlandia, melalui program khusus yang diperuntukkan bagi guru-guru asing yang bekerja sama dengan Kipina. Hal tersebut disampaikan oleh Sudino Lim saat konferensi pers virtual Kipina, Selasa (27/10).

"Kami ingin menciptakan sekolah yang lain dari yang lain, dengan sistem pedagogi yang sudah teruji, standar internasional dan program kerja jangka panjang. Kipina memungkinkan kita untuk memiliki otonomi terhadap materi pembelajaran, meningkatan submer daya guru dan pendidik serta menghargai kearifan lokal," tutur Lim.

Selama masa persiapan, Sudino Lim mengaku pihaknya bekerja sama dengan erat, untuk kesiapan anak menyongsong lingkungan Sekolah Dasar dan Menengah di Indonesia.

Seluruh areanya juga disiapkan untuk mencapai standar kebersihan dan sterilisasi Internasional (Foto: istimewa)

Lim juga menuturkan, salah satu alasan mengapa YAAI memilih sependapat dengan Kipinan, yakni karena komitmen Kipina terhadap lingkungan yang super aman, super bersih dan super higienis.

Seluruh areanya juga disiapkan untuk mencapai standar kebersihan dan sterilisasi Internasional, penggunaan perabotan kayu alam, dan pemantauan suhu tubuh bagi murid dan karyawan dua kali sehari serta dengan System Sterilisasi Sinar UV setiap 24 jam. Hal itu tentunya sangat penting di pasa pandemi Virus Corona saat ini.

Sementara itu, Managing Director Kipina, Kieran Galvin menuturkan "Kipina Indonesia akan hadir di masyarakat dengan daya beli menengah, sehingga bisa dijangkau oleh banyak lapisan masyarakat. Meski kebanyakan sekolah Internasional menargetkan pada WNA atau masyarakat ekonomi mapan."

Selain itu, Kieran juga menambahkan alasan pemilihan YAAI untuk bekerjasama "Kami lebih memilih YAAI karena mereka mempunyai komitmen untuk membawa perubahan baik pada system pendidikan di segmen yang lebih luas."

Kipina berkomitmen terhadap lingkungan yang super aman, super bersih dan super higienis (Foto: Istimewa)

Kipina menggunakan pendekatan kurikulum Finlandia berdasarkan National Core Curriculum for Early Childhood Education and Care, dengan tambahan-tambahan elemen yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia.

Hal tersebut mencakup Focused Instruction Methodolgy (metodologi instruksi terfokus), 1st Century Skills (keterampilan abad 21) dan Executive Functioning Skill (keterampilan fungsi eksekutif) bagi anak-anak.

Sedikit informasi, Finlandia dinilai sebagai salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Para pendidik mengetahuinya, tetapi para orangtua seringkali terkejut saat mengetahuinya.

Dalam skor PISA, Finlandia secara konsisten berkinerja lebih baik daripada semua negara Eropa (termasuk Inggris), dan lebih unggul juga dari Amerika Serikat. (Ryn)

Baca Juga:

March Festival Suarakan Semangat Merdeka Belajar

#Taman Kanak-Kanak #Sekolah Internasional #Sekolah
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan