Tjokroaminoto Institute Sesalkan Peryataan Kepala BPIP yang Sebut Pancasila Musuh Agama Yudian Wahyudi dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BPIP di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/2/2020) (Hanni Sofia)

MerahPutih.com - Direktur Informatika dan Komunikasi Tjokroaminoto Institute, Tomi Erizal menyayangkan pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi yang menyebut bahwa musuh terbesar Pancasila adalah agama.

Menurut dia, ungkapan yang dilontarkan Yudian sangat berbahaya dan menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

Baca Juga

Sebut Agama Musuh Pancasila, Pernyataan Kepala BPIP Berbahaya

"Pernyataan seorang kepala BPIP mestinya menyatukan dan bukan membenturkan agama dengan Pancasila, tugas PBIP untuk membumikan Pancasila di negeri ini goyah secara sendirinya," jelas Tomi di Jakarta, Sabtu (15/2).

Yudian Wahyudi dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BPIP di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/2/2020) (Hanni Sofia)
Yudian Wahyudi dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BPIP di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/2/2020) (Hanni Sofia)

Berdasarkan amanat Presiden Jokowi BPIP ini untuk supaya menanamkan nilai-nilai Pancasila di kalangan milenial dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ungkapan Yudi justru menanamkan nilai-nilai keambiguan dan multitafsir terhadap Pancasila.

Baca Juga

MUI Desak Presiden Jokowi Pecat Kepala BPIP

Menurut dia, sangat tidak layak seorang kepala BPIP berpikiran seperti itu, bukannya memberikan pernyataan yang menyatukan malah bikin kontrofersi.

"Hubungan Pancasila dan agama secara objektif selalu hadir dalam lapisan sejarah perjalanan negeri ini. Namun, mengatakan agama sebagai musuh Pancasila sudah jelas adalah pernyataan yang keliru," papar dia.

Tomi menjelaskan bahwa posisi agama bagian yang tidak terpisahkan dalam Pancasila sebagaimana di cantumkan dalam sila pertama.

"Tiga ormas besar Syarikat Islam, NU dan Muhammadiyah yang menyatakan menerima Pancasila. Barang tentu sudah jelas menunjukan relasi diantara agama dan pancasila tidak bermasalah sama sekali. Bahkan saling menguatkan," tutupnya.

Baca Juga

Fadli Zon Minta BPIP Dibubarkan karena Sebut Agama Musuh Pancasila

Sebelumnya, Kepala BPIP Yudian Wahyudi dalam wawancara dengan tim Blak-blakan detik.com, mengatakan ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

"Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan," kata Yudi. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH