Tjahjo Kumolo Pamit dari Jabatan Mendagri Mendagri Tjahjo Kumolo (MP/Kanu)

MerahPutih.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berpamitan dengan jajaran Kemendagri usai melantik sekitar 30 pejabat di lingkungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)

Meski jabatannya sebagai Mendagri masih 1,5 bulan lagi, politikus PDIP itu berpamitan dengan alasan jika dirinya kemungkinan tidak lagi ditunjuk sebagai menteri lagi di periode Presiden Joko Widodo (Jokowi) 2019-2024.

Baca Juga: Jokowi Bilang 'Politikus Sontoloyo' Peringatan buat Mendagri

“Saya ini pegang prinsip TNI yaitu taat, nurut, dan instruksi. Jadi kalau disuruh pensiun siap, dikasih tugas siap, dan kalau tidak dikasih tugas juga siap dengan tetap mendukung pemerintahan selanjutnya,” kata Tjahjo kepada wartawan di Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (15/8).

"Ya karena masa kabinet I tinggal 1 bulan setengah, saya kira seluruh kementerian lembaga pamit untuk periode sekarang ini, untuk selanjutnya ya jangan tanya saya," imbuh dia.

Jokowi dan mega
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Antara)

Tjahjo juga mengajak semua pihak tidak terus menerus berandai-andai mengenai sosok menteri yang akan dipilih Presiden Jokowi di kabinet mendatang. Terkait jatah menteri dari PDIP, Tjahjo mengaku sampai saat ini belum ada koordinasi terkait nama calon anggota kabinet yang diajukan partai.

Baca Juga: Belum Apa-Apa Cak Imin Minta Jatah 10 Menteri, PDIP: Berjuang Dulu Lah!

Dalam kesempatan itu, Tjahjo juga minta maaf apabila kinerjanya kurang memuaskan dan optimal selama menjabat Mendagri. Lebih jauh dia mengaku siap tidak ditunjuk sebagai menteri lagi merujuk nasihat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Kalau Bu Megawati sebagai atasan saya di partai bilang cukup saya ya siap, kalau Pak Jokowi juga bilang cukup akan saya laksanakan. Ditugaskan ke mana saya siap. Kita lihat nanti komposisi menterinya bagaimana,” tutup tokoh senior di PDIP itu. (Knu)

Baca Juga: Megawati Turun Tangan Pantau Calon Menteri


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH