Tiup Lilin: Tradisi Ulang Tahun Paling Dinanti, Namun Berpotensi Tebar Bakteri

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 04 Agustus 2017
Tiup Lilin: Tradisi Ulang Tahun Paling Dinanti, Namun Berpotensi Tebar Bakteri
Tiup lilin ulang tahun. (Foto: Pixabay)

MENIUP lilin ulang tahun telah menjadi tradisi. Mulai dari anak-anak hingga dewasa kerap meniup lilin hingga padam sebagai bagian dari perayaan hari ulang tahun. Tradisi ini berawal dari Yunani.

Masyarakat Yunani biasanya menjalankan tradisi itu dengan membawa kue yang bagian atasnya telah dihiasi lilin menyala ke kuil Dewi Artemis. "Budaya kuno lain percaya asap lilin dapat mewujudkan keinginan dan doa-doa mereka kepada para dewa," ungkap ilmuwan dari Clemson University, Amerika Serikat.

Padahal, tahukah Anda, sesungguhnya ada bahaya tersembunyi saat Anda meniup lilin. Dalam Journal of Food Research, para ilmuwan dari Clamson University mengungkapkan tradisi tiup lilin berpotensi meningkatkan bakteri pada lapisan gula kue hingga 1.400 persen. Bioaerosols dalam nafas manusia dapat menjadi sumber bakteri.

Saat meniup lilin, Anda akan mentransfer bakteri tersebut ke permukaan kue. Fakta tersebut terungkap setelah peneliti menguji perpindahan aerosol ke kue, bahkan tersebar merata di lilin ulang tahun. Peneliti meminta para partisipan memadamkan lilin dengan cara meniupnya. Sebelum meniup lilin, para partisipan terlebih dahulu mengonsumsi pizza.

Setelah partisipan meniup lilin, tim peneliti mengambil lapisan gula untuk sampel. Dan mereka menemukan adanya kontaminasi bakteri pada lapisan gula tersebut. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda masih mau meniup lilin ulang tahun yang ada di kue? (*)

Sumber: ANTARA

Dapatkan kisah lucu aktivitas tiup lilin pada artikel Lucu, Nabilah JKT48 Upload Video Nenek Tiup Lilin.

#Tiup Lilin #Tradisi Unik #Ulang Tahun #Kesehatan #Bakteri
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan