Tito Minta Masyarakat Tak Panik Hadapi Isu Virus Corona

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 03 Maret 2020
Tito Minta Masyarakat Tak Panik Hadapi Isu Virus Corona
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) V Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masyarakat tak panik dalam menghadapi isu virus corona. Pasalnya, pemerintah saat ini telah berupaya dengan segala kemampuan untuk menangani hal tersebut.

“Kita tahu koordinasi di tingkat Nasional sudah dilakukan oleh Kemenlu, kemudian koordinasi jaringan kesehatan oleh Kemenkes sudah dilakukan, rekan-rekan kepala daerah juga telah banyak melakukan langkah-langkah untuk preventif,” kata Tito usai menghadiri Wisuda Diploma dan Sarjana Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (3/3).

Baca Juga:

Wakil Ketua MPR Akui Ide Mendagri Tito Evaluasi Pilkada Serentak Perlu Direspons

Purnawirawan jenderal bintang empat ini pun meminta masyarakat untuk memperkuat sistem imunnya dengan melakukan olahraga dan pola hidup sehat untuk terhindar dari terjangkitnya virus corona.

“Tindakan preventif itu, terutama memperkuat daya tahan tubuh, itu yang penting, olahraga, karena virus itu yang paling utama ada di sistem daya tahan tubuh, kalau daya tubuh kuat virus juga tidak bisa berkembang,” ujarnya.

Tito mengatakan, sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keuntungan karena memiliki suhu relatif hangat karena dipengaruhi oleh letaknya di garis khatulistiwa. Keuntungan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sejumlah manfaat.

“Kita semua belajar dari dulu, namanya matahari pagi itu banyak mengandung manfaat termasuk vitamin D dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa di suhu-suhu tertentu yang panas dia tidak bisa berkembang, nah keuntungan kita negara yang tropis seperti itu,” jelasnya.

Mendagri Tito Karnavian saat menghadiri Mukernas PPP di Jakarta
Mendagri Tito Karnavian saat menghadiri Mukernas PPP di Jakarta, Minggu (15/12) (MP/Ponco Sulaksono)

Tito juga menganjurkan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi bersumber dari sayuran dan buah, serta vitamin sehingga daya tahan tubuh betul-betul kuat.

"Olahraga, berjemur di bawah sinar matahari dan kemudian yang tadi, vitamin yang alami adalah vitamin dari buah dan sayur, madu, dan lain-lain. Ini yang peru banyak dikonsumsi," kata dia.

Baca Juga:

Mendagri Tito Tegaskan Perhatian Presiden Jokowi Kepada Papua Begitu Besar

Selain itu, mantan Kapolri ini juga mengimbau masyarakat untuk rutin mencuci tangan dengan sabun secara benar.

"Disamping itu metode penyebarannya ini terutama sentuhan langsung dengan penderitanya, rajin-rajin cuci tangan menggunakan sabun atau menggunakan disinfektan, dan masyarakat tidak perlu panik,” tutup Tito. (Pon)

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan