Tito Klaim Polri Sukses Tembus 3 Besar Lembaga Terbaik Hanya di Era Dia Kapolri Jenderal Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut bahwa tiga kebijakan utama Polri, yakni peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media sukses dilakukannya.

Pertama, peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal.

"Kedua, perbaikan kultur direalisasikan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan dan menekan kekerasan eksesif,"" kata Tito di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Acara HUT ke-73 Bhayangkara. (Antaranews)
Acara HUT ke-73 Bhayangkara. (Antaranews)

Baca Juga: Atraksi Kece dan Aksi Marching Band Polwan Hibur Jokowi di HUT ke-73 Bhayangkara

Ketiga, manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial dengan menyampaikan berbagai upaya Polri dalam pemeliharaan kamtibmas dan meminimalisasikan berita negatif, termasuk hoaks dan ujaran kebencian.

"Tiga tahun implementasi program Promoter telah menunjukkan hasil yang baik. Kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Polri pada tahun 2016 termasuk dalam tiga institusi dengan kepercayaan publik rendah," ucap Tito.

Tito juga berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan oleh Presiden terhadap pengelolaan organisasi Polri, khususnya terkait Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan yang diraih Polri selama enam tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2013-2018.

Baca Juga: Jadi Inspektur HUT Bhayangkara ke-73, Jokowi Sanjung Kinerja Polri

Mantan Kapolda Metro Jaya itu juta menyorot ihwal peningkatan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Polri dari 72,11 di tahun 2017 menjadi 74,08 di tahun 2018, peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Polri, dari 73,65 di tahun 2017 menjadi 75,18 di tahun 2018, serta terwujudnya 69 Zona Integritas di lingkungan Polri.

"Kami menyadari sepenuhnya berbagai capaian tersebut tidak akan dapat diraih Polri tanpa bimbingan dan arahan Presiden dan Wakil Presiden, dukungan pimpinan Lembaga Tinggi Negara, kerja sama pimpinan Kementerian/Lembaga, seluruh anggota DPR, DPD, MPR, mitra kerja, senior dan sesepuh Polri dan TNI, serta seluruh masyarakat Indonesia," ucap Tito.

Berbagai capaian yang diraih oleh Polri, lanjut dia, akan mendorong jajarannya untuk terus memperbaiki guna mendapatkan kepercayaan publik di era demokrasi ini.

Selanjutnya, Tito menyatakan pihaknya siap menindaklanjuti lima instruksi Presiden dan memedomani dalam pelaksanaan tugas. (Knu)

Baca Juga: Catat! Ini 5 Lokasi Pelayanan SIM Keliling di DKI Jakarta


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH