Titik-Titik Pengamanan Ekstra Ketat di Jakarta Saat Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengecek kesiapan pasukan saat apel pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Am

Merahputih.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan aparat gabungan TNI-Polri bakal menebalkan pengamanan di sejumlah titik saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, 20 Oktober mendatang.

"Wilayah-wilayah lain yang menjadi konsentrasi kita untuk pengamanan diantaranya adalah tempat-tempat ekonomi contohnya Glodok, Jembatan 3 dan lain sebagainya," ujar Hadi di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Baca Juga:

Elemen Mahasiswa Ngotot Demo Jelang Pelantikan Jokowi

"Termasuk yang harus kita pertebal adalah wilayah-wilayah Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma dan objek-objek vital diantaranya adalah PLN, Gandul, tempat-tempat logistik, Pertamina dan tempat yang lain yang kita anggap perlu untuk diamankan," sambung Hadi.

Apel gelar pasukan persiapan pengamanan pelantikan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Jakarta, Kamis, (17/10) (Antara/Boyke Ledy Watra)

Total pasukan TNI-Polri yang bakal dikerahkan sebanyak 30 ribu. Sementara, untuk pengamanan di lokasi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR RI akan dibagi kedalam tiga ring. Ring pertama di bawah tanggungjawab Paspampres, ring 2 TNI, dan ring 3 gabungan TNI-Polri dan unsur lainnya.

Lebih jauh, objek yang akan diamankan adalah Presiden, Wakil Presiden, hingga tamu dari luar negeri. Nantinya, dari kedatangan hingga menuju lokasi pelantikan akan dilakukan pengawalan.

Baca Juga:

Diundang MPR Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Ini Jawaban JK

Sedangkan objek yang akan diamankan diantaranya adalah personil, presiden, wakil presiden dan keluarganya, tamu-tamu dari luar negeri, kepala negara, kepala pemerintahan dan utusan khusus. Mulai dari saat kedatangan, diperjalanan sampai dengan tempat hotel maupun wisma.

"Selanjutnya pengamanan berikutnya adalah dari wisma sampai ke gedung DPR MPR semua menjadi tanggung jawab," tutup Hadi. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH