Wisata Dunia
Titanic yang tidak Dapat Tenggelam Buatan Tiongkok Replika Titanic akan hadir di sebuah taman hiburan di Tiongkok. (asiatimes.com)

BAGI kamu yang selalu bertanya-tanya bagaimana rasanya menjadi penumpang Titanic, sebuah taman hiburan di Tiongkok akan menawarkan pengalaman yang paling mendekati. Replika besar kapal laut yang tenggelam sekarang sedang dibangun di Daying County di Provinsi Sichuan.

Disebut 'Titanic yang Tidak Dapat Tenggelam', kapal ini berukuran persis sama dengan aslinya. Panjangnya 269,06 meter dan lebar 28,19 meter. Taman hiburan bernama Romandisea itu akan memiliki fasilitas yang sama dengan namanya, termasuk ruang perjamuan, teater, dek observasi, dan kolam renang.

BACA JUGA:

Dibuka nih, Kebun Milik Ratu Elizabeth II Jadi Tempat Piknik Publik

Para pengunjung akan dapat membayar untuk bermalam di atas kapal. Namun, jangan takut tenggelam, kapal ini akan berlabuh secara permanen di waduk di Sungai Qijiang, sekitar 130 kilometer dari ibu kota Provinsi Chengdu, ratusan mil dari laut.

Tanggal pembukaan untuk Romandisea belum ditetapkan. CNN pertama kali melaporkan proyek tersebut pada tahun 2016, ketika pekerja konstruksi baru saja mulai memasang rangka. Esai foto baru-baru ini oleh kantor berita AFP menawarkan gambaran baru tentang kemajuan konstruksi replika tersebut.

titanic
Para pengunjung akan dapat membayar untuk bermalam di atas kapal.(meredithcorp.io)

Menurut AFP (18/5), dibutuhkan 23.000 ton baja dan biaya 1 miliar yuan atau sekitar Rp2.236.025.275.000 untuk membangun replika tersebut.

Kapal Tiongkok ini bukan satu-satunya replika dari Titanic asli. Pada 2018, perusahaan Australia Blue Star Line mengumumkan dimulainya kembali pembuatan kapal Titanic II setelah penundaan yang lama. Proyek tersebut telah dipromosikan sebagai salinan identik dari kapal terkenal, rumah bagi 835 kabin untuk menampung 2.435 penumpang.

Pelayaran perdananya kapal Australia itu dijadwalkan berlangsung pada 2022, tapi situs web perusahaan belum diperbarui sejak 2018. CNN telah menghubungi Blue Star Line untuk mengomentari status kapal.

Pelayaran Tragis Titanic

titanic
Titanic asli berlayar dalam pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, ke New York pada 10 April 1912. (asiatimes.com)

Titanic asli berlayar dalam pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, ke New York pada 10 April 1912. Pada masanya, itu adalah kapal penumpang terbesar yang bisa mengapung.

Pada 14 April, sekitar tengah malam, kapal tersebut menabrak gunung es dan tenggelam dalam waktu kurang dari tiga jam. Menurut laporan Senat AS tentang bencana Titanic, 1.517 orang tewas dan 706 selamat dari 2.223 penumpang dan awak.

Pada tahun 1985, para ilmuwan yang dipimpin oleh Robert Ballard dari Amerika dan Jean Jarry dari Prancis menemukan reruntuhan kapal itu sekitar 350 mil di lepas pantai tenggara Newfoundland, Kanada.

titanic
Kapal Tiongkok ini bukan satu-satunya replika dari Titanic asli. (cnn.com)

Tahun berikutnya, Ballard dan krunya, menggunakan kapal selam penelitian laut dalam berawak, menjelajahi kapal yang tenggelam untuk pertama kalinya. CNN Travel baru-baru ini bertemu dengan ahli kelautan terkenal tersebut, yang secara luas dikenal sebagai 'orang yang menemukan Titanic'.

Meskipun Ballard mengakui bahwa dia tidak pernah menjadi 'fanatik Titanic', dia mengatakan, terpacu untuk menemukan bangkai kapal setelah menyaksikan beberapa upaya yang gagal oleh penjelajah lain.

"Titanic jelas merupakan Gunung Everest yang besar pada saat itu. Begitu banyak orang telah mencoba. Banyak yang saya pikir akan berhasil, atau seharusnya berhasil, tetapi tidak," ujarnya," (aru)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
3 Makanan yang Bisa Meningkatkan Suasana Hati
Hiburan & Gaya Hidup
3 Makanan yang Bisa Meningkatkan Suasana Hati

Kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi tubuh.

Tips Masak Sehat ala Chef Renatta
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Masak Sehat ala Chef Renatta

Tubuh perlu makanan bernutirsi di masa pandemi ini.

IdeaFest 2021 Jadi Wadah Tukar Pikiran Insan Kreatif
Fun
IdeaFest 2021 Jadi Wadah Tukar Pikiran Insan Kreatif

IdeaFest 2021 menghadirkan lebih dari 150 tokoh kreatif.

Direncanakan, Serial Live-Action Harley Quinn
ShowBiz
Direncanakan, Serial Live-Action Harley Quinn

Keterlibatan aktris Margot Robbie masih belum dapat dipastikan.

 Clubhouse Android Raih Jutaan Pengguna Dalam Waktu Singkat
Fun
Clubhouse Android Raih Jutaan Pengguna Dalam Waktu Singkat

Clubhouse makin populer di kalangan pengguna media sosial.

Nasib 12 Shio pada Tahun Kerbau Logam
Fun
Nasib 12 Shio pada Tahun Kerbau Logam

Tahun 2021 ini menjadi tahun Sapi Logam, dan pesannya sangat jelas

3 Film Korea yang Mengandung Pelajaran Hidup Berharga
ShowBiz
3 Film Korea yang Mengandung Pelajaran Hidup Berharga

Mana yang belum pernah kamu saksikan?

Prediksi Tren Hiburan di 2021, Acara Daring Masih Terus Berlanjut?
Fun
Prediksi Tren Hiburan di 2021, Acara Daring Masih Terus Berlanjut?

Perlu adanya adaptasi di setiap kondisi yang kita alami.

Gaya Tahun 80-an Masih jadi Tren untuk Pria
Fashion
Gaya Tahun 80-an Masih jadi Tren untuk Pria

Fesyen tahun 80-an dapat menjadi kreasi anyar di era ini.